7 Momen Tak Terlupakan di Piala AFF, Salah Satunya Kutukan Indonesia di Final

Rabu, 08 Desember 2021 - 22:09 WIB


Piala AFF 1996 juga menjadi monumen sejarah tersendiri buat Vietnam. Sebab, kompetisi tersebut menandai kembalinya sepak bola setempat setelah dilanda perang berkepanjangan. Meski gagal juara, Vietnam membuat publik pecinta sepak bola dunia angkat topi karena finis di peringkat ketiga usai mengalahkan Timnas Indonesia.

5. Singapura Tak Tersentuh Kekalahan



Singapura berhasil menjadi juara Piala AFF 1998 setelah tak tersentuh kekalahan. Selama tampil di fase penyisihan grup, skuad asuhan Barry Whitbread mencetak dua kemenangan dan sekali imbang. Sejak awal, Timnas Singapura langsung tancap gas. Mereka berhasil melangkah begitu jauh untuk meraih trofi pertama mereka di kompetisi Piala AFF 1998 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di final.

6. Skandal Sepak Bola Gajah Edisi 1998



Piala Tiger 1998 adalah momen kelam dalam sejarah sepak bola Indonesia. Di laga ketiga fase grup, Timnas Indonesia terbukti terlibat sepak bola gajah ketika menghadapi Thailand. Dalam kedudukan imbang 2-2, Mursyid Effendi mencetak gol bunuh diri yang membuat Thailand unggul 2-3.

Motif menghindari Vietnam di semifinal diduga sebagai alasan Timnas Indonesia dan Thailand enggan menang di partai terakhir penyisihan, hingga akhirnya memilih memainkan sepak bola gajah. Mursyid Effendi kemudian dijatuhi sanksi berupa larangan terlibat dalam aktivitas sepak bola seumur hidup oleh Konfederasi Sepak bola Asia (AFC).

7. Gol Emas Gendut Doni
Halaman :