5 Petinju Dunia yang Terjun ke Politik: Nomor 3 Gabung Partai Perindo

Rabu, 18 Januari 2023 - 13:05 WIB
Setelah pensiun, pada 2018 Erik memutuskan terjun ke dunia politik. Dia menjabat sebagai salah satu Chamber of Deputies di negaranya, kemudian menyumbangkan seluruh gaji di tempat itu untuk membantu kesehatan masyarakat di negaranya.

3. Chris John (Indonesia)



Chris John adalah petinju kebanggan Indonesia dengan segudang gelar. Pada 2017, dia berhasil mempertahankan gelarnya sebagai Juara Dunia Tinju Kelas Bulu versi WBA setelah mengalahkan Zaiki Takemoto asal Jepang dengan TKO di awal ronde kesepuluh di Pulau Rokko, Kobe, Jepang.

Pada pertengahan Desember 2022, Chris John memutuskan bergabung dengan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Dari pernyataan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, petinju berjuluk The Dragon akan maju sebagai calon anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jateng pada Pemilu 2024.

4. Vitali Klitschko (Ukraina)



Mantan petinju kelas berat asal Ukraina, Vitali Klitschko, memilih terjun ke dunia politik setelah pensiun pada 2006. Tak tanggung-tanggung, dia langsung menjadi pimpinan partai oposisi yang dikenal dengan Udar.

Klitschko, yang meraih 53 kemenangan dari 64 pertarungan di kelas berat, membayar cukup mahal keinginannya terjun ke dunia politik. Pasalnya, Klitschko harus pensiun pada usia 40 tahun berpeluang merenggut rekor George Foreman yang menjadi juara dunia kelas berat tertua dalam sejarah di usia 45 tahun.

5. Nikolai Valuev (Rusia)



Nikolai Sergeyevich Valuev hari ini dikenal sebagai politisi ulung di Rusia. Namun, jauh sebelum namanya berkibar di kancah politik negeri Beruang Merah, Valuev adalah seorang petinju profesional.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More