Biodata Roy Jones Jr, Legenda Tinju Dipermalukan Petarung UFC yang Mengejutkan

Selasa, 04 April 2023 - 18:01 WIB
loading...
Biodata Roy Jones Jr, Legenda Tinju Dipermalukan Petarung UFC yang Mengejutkan
Biodata Roy Jones Jr, Legenda Tinju Dipermalukan Petarung UFC yang Mengejutkan. Foto: The Sun
A A A
JAKARTA - Profil dan biodata Roy Jones Jr akan dibahas dalam artikel ini. Pasca kekalahan terbarunya dalam pertandingan melawan petarung UFC Anthony Pettis, para penggemar meminta petinju Amerika yang berusia 54 tahun ini untuk pensiun.

Kekalahan Jones Jr di ring memicu kekhawatiran dari para penggemar yang menilai penampilannya kurang memuaskan. Tidak hanya kalah melalui keputusan mayoritas, beberapa penggemar bahkan menganggap penampilannya sangat buruk di atas ring, sehingga memperkuat argumen mereka bahwa ia harus pensiun.



Roy Jones Jr merupakan petinju profesional asal Amerika Serikat yang lahir di Pensacola, Florida pada 16 Januari 1969. Ayahnya, Roy Jones Sr, seorang veteran perang, menjadi pelatih Jones Jr sejak ia berusia 6 tahun.

Menurut Totally History, Jones Jr pernah menjadi juara U.S. National Junior Olympics pada 1984 di divisi berat 119 lb (54 kg). Dia juga berhasil meraih penghargaan National Golden Gloves sebanyak dua kali pada 1986 dan 1987 di kategori 139 lbs dan 156 lbs. Selanjutnya, pada 1988, Jones Jr terpilih dalam tim tinju AS untuk Olimpiade di Seoul, Korea Selatan, dan mendapat medali perak.

Jones Jr melakukan debut tinju profesionalnya pada 6 Mei 1989 melawan Ricky Randall di Pensacola Civic Center, dan berhasil menang TKO di ronde kedua. Pada sekitar tahun 1993, ia berhasil meraih gelar dunia pertamanya saat mengalahkan Bernard Hopkins guna merebut sabuk kelas menengah IBF. Setahun setelahnya, ia berhasil mempertahankan gelar pasca mengalahkan James Toney yang juga berstatus juara kelas menengah super IBF.

Pada 1996, Jones Jr mencatatkan prestasi sensasional dengan mengalahkan Mike McCallum dan mendapatkan pengakuan gelar dunia Interim WBC. Karier Jones Jr semakin sukses dan ia menjadi petinju yang banyak dikagumi oleh banyak orang di dunia tinju. Pada 2003, ia mengalahkan John Ruiz untuk gelar kelas berat WBA.

Hingga saat ini, Roy Jones Jr telah melakukan 76 pertandingan dan memiliki rekor 66-10. Namun, kekalahan terbarunya adalah saat ia ditumbangkan oleh Anthony Pettis pada 1 April 2023 lalu. Sebelum pertarungannya dengan Pettis, Jones Jr terakhir kali bertanding pada Februari 2018, di mana ia berhasil mengalahkan Scott Sigman di Bay Center, Florida, AS.

Biodata Roy Jones Jr (H2)

- Nama Lahir : Roy Lavesta Jones Jr

- Tempat Lahir : Pensacola, Florida, Amerika Serikat

- Tanggal Lahir: 16 Januari 1969

- Orang Tua: Roy Jones Sr & Carol Jones

- Debut Tinju: 1989 (profesional)

- Rekor Tinju: 66-10 (menang-kalah)
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)