Joshua Franco Mundur dari Tinju usai Gelarnya Dirampas Kazuto Ioka

Senin, 26 Juni 2023 - 16:53 WIB
loading...
Joshua Franco Mundur dari Tinju usai Gelarnya Dirampas Kazuto Ioka
Joshua Franco Mundur dari Tinju usai Gelar Dirampas Kazuto Ioka/DAZN/Top Rank
A A A
Joshua Franco mundur dari tinju usai kehilangan gelar kelas terbang super WBC dikalahkan Kazuto Ioka pada akhir pekan lalu. Sabtu malam lalu, Kazuto Ioka merebut gelar juara kelas terbang super WBA dengan kemenangan angka mutlak atas Joshua Franco dalam pertandingan ulang mereka di Ota City General Gymnasium, Tokyo, Jepang.

Joshua Franco dilucuti dari sabuk kelas terbang supernya karena gagal menambah berat badan. Berat badannya lebih dari 54,8 kilogram - dua divisi di atas batas berat badan divisi terbang super, yaitu 52,1 kilogram. Franco kini mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga ini.

"Saya ingin memulai dengan mengucapkan Terima Kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya dalam karier saya. Saya menghargai semua orang atas dukungan mereka. Saya dapat mewujudkan mimpi masa kecil saya untuk menjadi seorang Juara Dunia. Saya mempertahankan gelar saya beberapa kali di seluruh dunia dan selalu mencoba yang terbaik untuk mewakili San Antonio, TX dengan bangga," kata Franco di media sosial.



Pada tanggal 31 Desember 2022, kedua petinju ini bertarung hingga dua belas ronde dalam pertarungan penyatuan dua sabuk, dengan Ioka bertarung sebagai juara kelas terbang super WBO. Ioka kemudian mengosongkan sabuknya untuk menghadapi Franco dalam pertandingan ulang.

Dalam pertarungan kedua, Ioka mendapat kemenangan dari dua juri yang memberinya nilai 116-112, sementara juri lainnya masing-masing 115-113. Ioka, satu-satunya petarung Jepang yang meraih gelar juara dunia di empat divisi, membawa rekornya menjadi 30-2, termasuk 15 kemenangan KO dan satu hasil imbang. Franco turun ke rekor 18-2-3 dengan delapan KO.

"Selama sebagian besar karier saya, saya telah mengalami banyak masalah mental yang saya coba kendalikan sebaik mungkin. Saya tidak pernah membicarakannya di depan umum karena saya tidak ingin ada yang berpikir bahwa saya mencari-cari alasan untuk apa pun atau bagi siapa pun untuk memandang saya secara berbeda. Saya berjuang melaluinya sebisa mungkin untuk tetap tampil dan memberi kalian beberapa pertarungan hebat. Bagi siapa pun yang berjuang melalui segala jenis masalah kesehatan mental, ketahuilah bahwa Anda tidak sendirian. Dan jangan biarkan apa pun menghentikan Anda untuk meraih impian Anda.''



"Saya ingin mengucapkan Terima Kasih kepada tim saya. Ibu, ayah, dan saudara-saudara saya atas semua bantuan dan dukungan mereka sepanjang karier saya. Semua orang di RGBA [Robert Garcia Boxing Academy] yang telah mempercayai saya dan membantu saya mencapai impian saya. Kalian selalu percaya pada saya dan saya akan selalu berterima kasih.''

Joshua Franco terkenal karena seri trilogi dengan Andrew Moloney (Franco memenangkan dua pertandingan, dengan pertandingan ketiga adalah no-contest) dan seri trilogi lainnya dengan Oscar Negrete (satu kemenangan dan dua kali seri).

"Di Tokyo, Jepang secara resmi menjadi pertarungan terakhir saya. Itu adalah minggu yang sulit bagi saya dan saya tidak mendapatkan hasil yang saya inginkan, namun saya meninggalkan olahraga ini dengan mengetahui bahwa saya telah memberikan semua yang saya miliki. Sekali lagi, terima kasih kepada semua orang atas dukungannya dan sampai jumpa lagi."
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)