Mohammad Hashemzadeh Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Futsal Indonesia

Senin, 10 Juli 2023 - 09:11 WIB
loading...
Mohammad Hashemzadeh Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Futsal Indonesia
Mohammad Hashemzadeh Mundur dari Kursi Pelatih Timnas Futsal Indonesia
A A A
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari dunia futsal Tanah Air. Mohammad Hashemzadeh tiba-tiba mundur dari kursi pelatih Timnas Futsal Indonesia sambil mengucapkan salam perpisahan yang menyentuh.

Hal itu diutarakan dalam unggahan di Instagram miliknya @hashemzadeh_m5, Minggu (9/7/2023) malam. Dia mengucapkan terima kasih kepada Federasi Futsal Indonesia (FFI) dan juga para pemain serta seluruh staff yang telah membantunya selama menukangi Tim Merah-Putih.

“Terima kasih kepada Federasi Futsal Indonesia selama satu tahun saya melayani tim ini, serta rekan-rekan saya yang jujur, para pemain dan orang-orang Indonesia yang sangat baik,” kata Hashemzadeh.



“Selama ini, saya berusaha melakukan yang terbaik, kami menjadi runner-up di AFF dan SEA games. Kami berhasil melewati babak penyisihan grup untuk pertama kalinya di kejuaraan Asia, dan kami juga naik dari peringkat 11 ke peringkat 6 di Asia dan memiliki peluang tinggi untuk berpartisipasi di Piala Dunia 2024,” tambahnya.

Ya, sejak menjadi pelatih Timnas Futsal Indonesia pada Maret 2022 lalu, Hashemzadeh memang tak sekalipun memberikan gelar juara untuk Pasukan Garuda. Akan tetapi, tak sampai satu bulan sejak kedatangannya, dia nyaris mengantarkan Muhammad Albagir dan kolega menjadi juara Piala AFF 2022.

Sayangnya, kala itu kemenangan yang sudah di depan mata sirna setelah Thailand menyamakan kedudukan di detik-detik terakhir. Indonesia pun akhirnya harus puas menjadi runner up setelah kalah 3-5 di babak adu penalti.

Setelah itu, juru taktik asal Iran tersebut juga mempersembahkan medali perak untuk Indonesia di ajang SEA Games 2021 Vietnam. Lagi-lagi tim asuhannya kalah bersaing dari Thailand dengan selisih dua angka saja di klasemen akhir.

Yang paling mentereng, tentu saja keberhasilan Hashemzadeh mengantarkan Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah lolos dari fase grup Piala Asia 2022 sebagai runner up Grup C. Sebelumnya, Tim Merah-Putih selalu gagal melaju ke babak gugur dalam sembilan kali keikutsertaannya.

Oleh karena itu, Hashemzadeh berharap perkembangan yang telah dibuatnya untuk Timnas Futsal Indonesia bakal berlanjut. Dia mendoakan yang terbaik untuk Evan Soumilena dkk.

“Saya berharap kemajuan ini terus berlanjut untuk futsal Indonesia dan semoga yang terbaik untuk Indonesia,” pungkas pelatih berusia 46 tahun itu.

Kepergian Hashemzadeh membuat FFI harus segera mencari pelatih baru untuk Timnas Futsal Indonesia. Pasalnya, Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024 bakal dimainkan pada September mendatang.

Indonesia sendiri menjadi tuan rumah Grup B Kualifikasi Piala Asia Futsal 2024. Mereka bakal berhadapan dengan tiga tim lainnya, yakni Arab Saudi, Afganistan dan Makau.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)
pixels