Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:07 WIB
loading...
Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan
Perbandingan rekor Jermell Charlo dan Saul Canelo Alvarez menarik untuk diulas, sebelum mereka berjumpa di dalam ring tinju pada 30 September 2023. / Foto: Instagram @canelo
A A A
LAS VEGAS - Perbandingan rekor Jermell Charlo dan Saul Canelo Alvarez menarik untuk diulas, sebelum mereka berjumpa di dalam ring tinju T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, pada 30 September 2023.

Kedua petinju yang akan bertarung ini merupakan juara dunia tak terbantahkan di masing-masing divisinya. Canelo menguasai sabuk IBF/WBA Super/WBC/WBO di kelas menengah super, sedangkan Charlo penguasa seluruh sabuk juara kelas welter super alias kelas menengah junior.

Namun, dalam pertempuran ini, Charlo harus naik dua divisi demi merebut tahta milik Canelo. Tentunya, ini bukan perkara mudah buat saudara kembar juara kelas menengah WBC, Jermall Charlo tersebut.



Meskipun demikian, Charlo dan Canelo memiliki rekor dan prestasinya masing-masing. Sehingga hal tersebut membuat pertemuan mereka sangat menarik untuk dinantikan.

Rekor Jermell Charlo


Petinju berjuluk Iron Man ini total telah menjalani 37 laga tinju profesional, dengan hasil 35 kemenangan (19KO), 1 kekalahan, dan sekali imbang.

Melakukan debut pada 8 Desember 2007, Charlo kala itu menghadapi Corey Sommerville di Tunica, Amerika Serikat. Dalam laga ini, Charlo memiliki bobot 147 pon.

Namun, 21 Mei 2016 atau di pertarungan ke-28, Jermell Charlo akhirnya mendapatkan duel untuk kejuaraan dunia pertamanya. Dia harus berlaga melawan John Jackson untuk memperebutkan sabuk kelas welter super yang lowong.

Petinju kelahiran 19 Mei 1990 ini berhasil merebut sabuk juara yang lowong itu melalui kemenangan KO di ronde kedelapan atas Jackson.

Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan
(Foto: Instagram @twincharlo)

Setelah 3 kali berhasil mempertahakankan gelarnya, termasuk mengalahkan Austin Trout, Charlo akhirnya harus menyerahkan gelarnya kepada Tony Harrison pada 21 Desember 2018. Usai sekali bertarung tanpa mempertaruhkan gelar, akhirnya Charlo merebut kembali mahkota WBC dari Harrison lewat kemenangan KO di ronde ke-11, pada 21 Desember 2019.

Charlo kali pertama mengawinkan gelar WBC dengan IBF dan WBA Super berkat kemenangan KO di ronde kedelapan atas Jeison Rosario pada September 2020.

Sempat bermain imbang dalam upayanya merebut gelar WBO dari Brian Carlos Castano pada Juli 2021, Charlo akhirnya menahbiskan diri sebagai juara kelas welter super tak terbantahkan dengan merobohkan Castano di laga ulang yang berlangsung pada Mei 2022.

Kini, Charlo berpotensi mengikuti jejak Sugar Ray Leonard, Thomas Hearns, dan Roy Jones Jr, yang lompat dua divisi untuk memenangkan gelar dunia. Namun, dia harus menaklukkan Canelo, yang pastinya tidak mudah ditundukkan.

Rekor Saul Canelo Alvarez


Mega bintang tinju asal Meksiko ini selalu menjadi magnet tersendiri ketika tampil di atas ring tinju. Namanya banyak menjadi incaran petinju-petinju elit dunia.

Lahir di Guadalajara, Meksiko, 18 Juli 1990, Canelo menjalani debut tinju profesionalnya pada 29 Oktober 2005 dengan kemenangan TKO atas Abraham Gonzalez.

Memiliki rekor 59-2-2 (39KO), Canelo kali pertama merebut gelar dunia pada Maret 2011. Dia mengalahkan petinju Inggris, Matthew Hatton guna meraih sabuk juara dunia kelas welter super versi WBC.

Dia pun berhasil mempertahankan gelarnya itu dalam 5 kali pertarungan, termasuk mengalahkan Shane Mosley. Canelo pada April 2013 sukses menumbangkan Austin Trout untuk mengunifikasi gelar WBC dan WBA.

Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan
(Foto: Instagram @canelo)

Sayangnya, 5 bulan kemudian, Canelo kehilangan kedua sabuk juara dunia itu usai mengakui ketangguhan Floyd Mayweather Jr. Dalam laga yang ketat ini, Canelo menderita kekalahan angka majority decision.

Canelo kembali menjadi juara dunia pada November 2015, setelah mencetak kemenangan atas Miguel Cotto. Kali ini, dia merebut gelar di divisi kedua, yakni sabuk juara kelas menengah WBC yang lowong.

September 2016, Canelo kembali mencuri sabuk juara di kelas welter super WBO melalui kemenangan KO atas Liam Smith dari Inggris. 8 bulan berikutnya, Canelo berhasil mengalahkan Julio Cesar Chavez Jr.

Sayangnya, Canelo hanya bermain imbang ketika menantang juara kelas menengah IBF/WBC/WBA Super/IBO, Gennady Golovkin pada September 2017.

Akan tetapi, tepat setahun berikutnya, Canelo baru mampu mengalahkan Golovkin melalui kemenangan angka majority decision.

Perbandingan Rekor Jermell Charlo vs Saul Canelo Alvarez, Adu Kekuatan Juara Tak Terbantahkan
(Foto: Instagram @canelo)

Menariknya, Canelo seperti menjadi penantang gelar yang tak pernah gentar dengan lawannya. Beberapa kali dia mencoba menantang juara dunia yang divisinya berada di atasnya.

Ini seperti dipelihatkannya ketika mengalahkan juara kelas menengah super WBO, Rocky Fielding. Bahkan, di laga ini, Canelo mampu mencetak kemenangan TKO di ronde ketiga.



Canelo juga mampu merobohkan juara dunia kelas berat ringan WBO yang cukup ditakuti, Sergey Kovalev di ronde ke-11 pada November 2019. Sayangnya, dia menuai kekalahan angka mutlak saat mencoba membungkam Dmitrii Bivol pada Mei 2022.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2511 seconds (0.1#10.140)