alexa snippet

Naik Kelas, Charlo Lowongkan Gelar IBF

Naik Kelas, Charlo Lowongkan Gelar IBF
Jermall Charlo terpaksa harus melowongkan gelar kelas menengah junior IBF agar bisa hijrah ke kelas menengah. / Foto/Premier Boxing Champions
A+ A-
HOUSTON - Juara dunia tinju kelas menengah junior versi IBF, Jermall Charlo memutuskan untuk meletakkan sabuk juaranya agar bisa bergeser ke divisi yang lebih berat. Petinju 26 tahun asal Amerika Serikat itu kali pertama merebut sabuk juara IBF ketika menang TKO atas Cornelius Bundrage pada September 2015.

Selanjutnya, dia berhasil tiga kali mempertahankan gelar, yakni ketika menang TKO atas Wilky Campfort pada November 2015, lalu menang angka mutlak atas Austin Trout, Mei 2016. Dan, terbaru Charlo menang KO atas Julian Williams di Los Angeles pada 11 Desember 2016.

"Saya sudah berpikir tentang pindah ke 160pon (kelas menengah) untuk sementara waktu saat ini," ujar Charlo, yang memiliki catatan profesional 25-0 (19KO), seperti dikutip Sky Sports.

Charlo mengaku bahwa pertarungan terakhirnya, dia benar-benar harus berjuang untuk mendapatkan bobot yang ideal di kelas menengah junior. "Setelah saya meraih gelar, saya segera mempertahankan, karena saya tidak yakin berapa lama saya bisa menahan bobot. Saya menahannya ekstra tahun untuk melawan Austin Trout dan Julian Williams," tuturnya.

"Saya merasa ada hal-hal yang lebih besar dan lebih baik bagi saya di 160pon, di mana saya masih bisa menahan berat badan saya dan menjadi lebih kuat. Gagasan menjadi juara dunia dua kali adalah tujuan besar bagi saya," jelas Charlo, yang memiliki saudara kembar yakni Jermell Charlo, yang saat ini merupakan juara kelas menengah junior versi WBC.

Di kelas menengah nanti, Charlo berpeluang untuk mendapatkan pertarungan besar dengan raja kelas menengah WBC/IBF/IBO/WBA Super, Gennady Golovkin, yang akan bertemu dengan juara reguler WBA, Daniel Jacobs pada pertengahan Maret nanti. Lalu ada juga juara WBO dari Inggris, Billy Joe Saunders.

Tak bertuannya gelar IBF yang sebelumnya dikuasai Charlo ini, membuat badan tinju IBF menggelar duel perebut gelar yang lowong antara Tony Harrison melawan Jarrett Hurd. Laga tersebut akan menjadi bagian dari kontes utama antara juara kelas berat WBC, Deontay Wilder versus Gerald Washington pada 26 Februari nanti di Birmingham, Alabama, AS.
(nug)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top