Hasil Reli Argentina dan Klasemen Pembalap WRC 2017

Senin, 01 Mei 2017 - 11:07 WIB
Hasil Reli Argentina dan Klasemen Pembalap WRC 2017
Hasil Reli Argentina dan Klasemen Pembalap WRC 2017
A A A
CORDOBA - Tim Hyundai Motorsport sedang naik daun. Mereka merebut kemenangan seri keduanya di Kejuaraan Dunia Reli (WRC) 2017 secara beruntun, atau tim pertama yang telah mencatat 2 kemenangan pada musim ini.

Ya, itu setelah Thierry Neuville dengan navigator Nicolas Gilsoul mengklaim kemenangan kedua WRC 2017 secara beruntun di Reli Argentina, sekaligus membatalkan mimpi Elfyn Evans (M-Sport WRT) dengan jarak keunggulan tipis 0,7 detik.
Thierry Neuville (Hyundai) dengan navigator Nicolas Gilsoul saat melibas tahapan terakhir WRC Reli Argentina 2017. (Foto-WRC)
Sejak pekan reli dimulai, satu per satu pereli pabrikan berjatuhan. Salah satu insiden paling dramatis dialami pereli Citroen, Kris Meeke, yang terguling di tahapan Santa Rosa dan memaksa sang juara Reli Meksiko 2017 harus tersingkir dari persaingan.

Dengan tingkat atrisi yang tinggi, Evans dengan Ford Fiesta WRC muncul sebagai pemimpin reli sejak SS2. Dengan jarak lebih dari satu menit, pereli Inggris Raya itu terlihat dengan nyaman akan menjuarai reli WRC perdananya.

Tapi pada hari Sabtu, jarak keunggulan tersebut akhirnya berhasil dipangkas oleh pemenang reli sebelumnya, Neuville, menjadi hanya 11 detik. Kemudian pada tahapan pertama hari Minggu, Neuville finis 2,5 detik lebih kencang, sementara Evans mengalami masalah rem.

Pereli Belgia itu (Neuville) lantas kembali menekan pimpinan reli dengan mencatat waktu 8 detik lebih kencang di SS17, sehingga jarak kepimpinan Evans kini hanya sebesar 0,6 detik menjelang Power Stage.

Meski demikian, Evans mengawali sesi Power Stage dengan baik setelah sempat unggul tiga detik lebih kencang dari Neuville. Namun, setelah terhambat di area jembatan, mimpi Evans untuk meraih kemenangan WRC perdananya harus buyar karena ia akhirnya finis terpaut 1,3 detik lebih lambat dari pereli Hyundai itu.
Hasil lomba WRC Reli Argentina 2017. (Foto-WRC)
"Benar-benar mengecewakan. Kalah dengan jarak sangat tipis seperti itu, terlebih dengan masalah yang harus kami lalui," ucap Evans usai finis seperti dilaporkan Motorsport. "Saya harus belajar dari pengalaman ini dan bangkit di reli-reli berikutnya," imbuhnya.
Klasemen pembalap WRC 2017 usai Reli Argentina. (Foto-WRC)
Adapun setelah Reli Argentina, juara dunia bertahan empat musim belakangan, Sebastien Ogier (M-Sport WRT) masih memimpin klasemen sementara pembalap WRC 2017. Ia masih dibuntuti oleh Jari-Matti Latvala (Toyota Gazoo Racing WRT), dengan kini Thierry Neuville (Hyundai) naik ke posisi tiga.

Sementara itu, akhir pekan WRC 2017 berikutnya atau seri 6 musim ini, akan berlangsung di atas lintasan gravel Matosinhos, Porto, dalam WRC Reli Dunia Portugal 2017, 19-21 Mei.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7430 seconds (0.1#10.140)