Suryo Nugroho Butuh 1 Kepingan Medali Asian Para Games 2023 demi Tiket Paralimpiade Paris 2024

Selasa, 19 September 2023 - 19:50 WIB
loading...
Suryo Nugroho Butuh 1 Kepingan Medali Asian Para Games 2023 demi Tiket Paralimpiade Paris 2024
Kisah perjalanan hidup Suryo Nugroho sepertinya menarik untuk diulas. Dia diketahui merupakan atlet para bulu tangkis yang menduduki peringkat lima dunia / Foto: Instagram nugroho suryo (@nugrohosuryo17)
A A A
Kisah perjalanan hidup Suryo Nugroho sepertinya menarik untuk diulas. Dia diketahui merupakan atlet para bulu tangkis yang menduduki peringkat lima dunia.

Suryo awalnya dikenal memiliki potensi bermain bulu tangkis. Ia memutuskan bergabung dengan sebuah klub di Surabaya saat berusia tujuh tahun.

Berbagai turnamen dilakoni Suryo termasuk turnamen kelas internasional bertajuk Piala Walli Kota Surabaya. Di turnamen tersebut Suryo meraih medali perak.



Enam tahun kemudian, musibah menghampiri Suryo. Ya, saat berusia 12 tahun, dia mengalami kecelakaan hebat yang membuat kehilangan lengan kirinya (diamputasi).

Peristiwa itu membuat Suryo depresi hingga akhirnya memutuskan untuk berhenti bermain bulu tangkis selama tiga tahun. Alasannya, ia merasa telah kehilangan keseimbangan dalam tubuhnya untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Namun dukungan orang tuanya membuat Suryo bangkit. Pada saat itu orang tuanya memperkenalkannya dengan NPC. Sejak itulah kepercayaan dirinya kembali lantaran melihat banyak atlet yang memiliki kekurangan yang sama dengan dirinya.



"Saya tidak bermain lagi, mikirnya kan dari segi keseimbangan dan dari servis sudah gak bisa mikirnya gitu adaptasinya emang susah. Merasa down nya di situ. Waktu itu, saya berpikir pasti lawannya juga memiliki kekeruangan seperti saya minimal seperti itu meskipun ada klasifikasinya yang mungkin lebih ringan atau lebih berat. Minimal kan mereka punya kekurangan juga. Saya punya pikiran positif bisa juara lagi gak? Ternyata bisa," katanya saat diwawancarai, Kamis (14/9/2023).

Suryo kemudian masuk Pelatnas Badminton pertamanya untuk ajang Asian Para Games (AiPG) China 2010. Hingga kini sudah 13 tahun lamanya ia tidak pernah absen mengikuti Pelatnas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)