Suzuka 8 Hours 2017 Dimulai, Tim Yamaha Yakin Juara Lagi

Kamis, 27 Juli 2017 - 19:43 WIB
Suzuka 8 Hours 2017 Dimulai, Tim Yamaha Yakin Juara Lagi
Suzuka 8 Hours 2017 Dimulai, Tim Yamaha Yakin Juara Lagi
A A A
SUZUKA - Edisi ke-40 balap ketahanan motor legendaris dunia Suzuka 8 Hours 2017 telah dimulai Kamis (27/7) lewat sesi latihan bebas pertama dan kedua. Lombanya sendiri akan berlangsung Minggu (30/7) ini. Tim Yamaha Factory Racing berkoar bahwa mereka memiliki modal untuk mempertahankan gelar.

Ya, walau merasakan adanya ancaman dari tim-tim lain yang kekuatannya bertambah. Tim Yamaha Factory Racing mengumbar keyakinan jika mereka punya bekal untuk sekali lagi berkuasa di Suzuka 8 Hours.

Karena jika mereka memenangkan Suzuka 8 Hours 2017. Maka Yamaha bakal mencatat hat-trick gelar di ajang ini, setelah menjuarainya pada 2015 dan 2016 di sirkuit yang berjarak 2 jam perjalanan dari Kota Osaka tersebut.
Tiga pembalap Yamaha Factory Racing di Suzuka 8 Hours 2017 dari kiri ke kanan Katsuyuki Nakasuga-Alex Lowes-Michael van der Mark. (Foto-Yamaha)
Keyakinan tim Yamaha tentu saja pada hadirnya dua dari tiga pembalap mereka di lomba edisi 2016, Katsuyuki Nakasuga dan Alex Lowes. Line up mereka diperkuat hadirnya Michael van der Mark.

Seperti diketahui, rekan setim Alex Lowes di Yamaha WSBK 2017 itu, sudah kenyang pengalaman di Suzuka 8 Hours. Tahun ini merupakan kali kelima bagi pembalap Belanda itu terjun di ajang ini.

Dibilang jadi kekuatan tambahan, karena van der Mark pernah dua kali menjuarai ajang ini bersama tim Musashi RT HARC-PRO di atas motor Honda CBR1000RRW. Pembalap 24 tahun itu berkuasa di Suzuka 8 Hours edisi 2013 dan 2014 bersama Takumi Takahashi dan Leon Haslam.

“Saya sudah tidak sabar memulai tantangan lomba ini. Dalam tes kami membuktikan bisa tampil dalam ritme cepat dan kami memiliki semua kartu di atas meja untuk dipertaruhkan merebut gelar ketiga kalinya,” beber Alex Lowes seperti dilaporkan GPOne.

“Balapan ini memiliki rasa spesial tersendiri. Saya akan mengeluarkan 100 persen kemampuan, begitu juga kedua rekan tim saya,” ujar pembalap Inggris berusia 26 tahun itu.

Sedangkan Michael van der Mark yang untuk pertama kalinya berkompetisi dengan motor Yamaha YZF-R1 di Suzuka 8 Hours, sekalipun tak memiliki keraguan untuk lomba tahun ini. Apakah karena dia sudah menjajal motor tersebut dalam All Japan Superbike di Autopolis satu bulan lalu?

“Ini akan jadi penampilan kelima saya di Suzuka 8 Hours. Kami yakin, karena pada akhirnya saya dan rekan tim saya telah terbukti memiliki kecepatan yang sama dan itu merupakan aspek yang menambah semangat tim,” ucap van der Mark.

“Tentu saja kami ingin menang untuk ketiga kalinya. Namun kali ini tidak akan mudah, karena lawan kami makin kuat dan kami amat mewaspadai level persaingan antar tim tahun ini,” tukasnya.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4515 seconds (0.1#10.140)