Peserta GPN Demak Napak Tilas Jejak Sunan Kalijaga

Minggu, 03 September 2017 - 21:55 WIB
Peserta GPN Demak Napak Tilas Jejak Sunan Kalijaga
Peserta GPN Demak Napak Tilas Jejak Sunan Kalijaga
A A A
DEMAK - Peserta Gowes Pesona Nusantara (GPN) etape Demak tak hanya diajak menjalani gaya hidup sehat, tapi juga diajak menyelami sejarah kota Demak dan jejak Sunan Kalijaga. Rute-rute yang dilalui peserta sengaja diatur melalui lokasi-lokasi bersejarah, seperti tilas Sunan Kalijaga, Kesultanan Demak, dan berakhir di alun-alun Demak, dekat Masjid Agung.

"Selain bersepeda, peserta GPN juga menjelajahi tempat-tempat bersejarah dan tempat-tempat perekonomian di kota Demak," ujar Bupati Demak, H.M. Natsir, Minggu (3/9). Menurutnya, Demak kota yang spesial dan memiliki warga yang punya semangat tinggi untuk berolahraga. Terbukti, tak kurang dari 3.000 peserta memeriahkan GPN etape Demak.

"Terima kasih pada semua warga Demak atas partisipasinya di GPN ini. Semoga prestasi Demak kian bagus di bidang olahraga," lanjut Natsir.

Tingginya animo masyarakat Demak mengikuti GPN juga diamini oleh Edi Nurinda, Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Teknologi Kesehatan Olahraga Nasional. "Jumlah peserta GPN di Demak ini lebih banyak dibandingkan di wilayah lain. Kami sangat mengapresiasi animo masyarakat kota Demak," kata Edi.

Kebiasaan berolahraga membuat peserta seolah tak lelah melibas rute sejauh 12 km, yang dimulai di Stadion Pancasila. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun tak mau ketinggalan menggowes sepeda melewati jalan kota dan pedesaan. Peserta juga melewati tempat latihan cabang dayung, yang menjadi salah satu cabang olahraga andalan Demak.

Setibanya di garis finis, peserta dihibur oleh sejumlah kesenian khas Demak yang dipentaskan oleh putra-putri Demak. Sejumlah hadiah juga telah disiapkan panitia bagi peserta yang beruntung.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5281 seconds (0.1#10.140)