146 Atlet Ikuti Kejuaraan Panjat Tebing Provinsi DKI 2023

Kamis, 30 November 2023 - 16:21 WIB
loading...
A A A
Kedua, melakukan pencarian bakat pada peminat olahraga panjat tebing di usia yang lebih dini. "Dampaknya memang tidak akan dirasa dalam waktu dekat. Paling tidak, baru dua atau tiga tahun lagi kita bisa mendapatkan atlet panjat tebing untuk masuk ke kancah nasional dari Jakarta. Karena yang berminat di usia muda, tidak seluruhnya akan bertahan. Tapi pasti ada yang akan terus lanjut," kata dia.

Ketiga, mengadakan kompetisi atau kejuaran untuk kelas umur muda, remaja hingga yang junior dan upper, untuk memastikan bagi mereka yang sudah melakukan latihan dapat unjuk gigi hasil latihan mereka.

"Dari berbagai kejuaraan yang kami adakan, sudah mulai terlihat peningkatan jumlah peserta. Dulunya hanya 70 orang, sekarang sudah mencapai 149-an orang. Bahkan jika kejuaraan ini tidak bertepatan dengan ujian sekolah, mungkin akan bisa mencapai 200 orang," kata Sulaiman.

Selain itu, Sulaiman menyatakan faktor kemenangan Indonesia di ajang Asian Games turut mendorong para generasi muda untuk menjadikan panjat tebing sebagai bagian kegiatan mereka.

"Selaras dengan bertumbuhnya minat pada olahraga panjat tebing, kami juga secara aktif melakukan edukasi pada masyarakat terkait keamanan dan keselamatan olahraga panjat tebing ini. Karena itu kan yang menjadi pertimbangan para orang tua," pungkas dia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Yurizal Martin, menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh FPTI DKI Jakarta untuk mengumpulkan poin dari para atlet panjat tebing Jakarta dan sekaligus mencari bibit baru atlet panjat tebing.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan atlet-atlet panjat tebing DKI Jakarta. Ini adalah kegiatan terakhir di kepengurusan tahun 2023," kata Rizal.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Juri Kejurprov 2023, Antasari Yasin, menjelaskan, dalam Kejurprov 2023 ini, tidak setiap kelas lomba akan mengikuti disiplin pertandingan.

"Untuk nomor disiplin Lead, dipertandingkan di semua kelas. Tapi untuk Speed, hanya untuk Upper serta Youth A hingga Youth D. Khusus untuk Speed Youth C akan mengacu pada Asian Kid. Untuk Boulder hanya untuk Team," kata Yasin.

Pertandingan Youth C, D dan Under 10, karena diikuti oleh peserta anak-anak akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu. "Sementara untuk Upper, Youth A dan Youth B akan dilakukan pada hari Kamis dan Jumat," jelas dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2681 seconds (0.1#10.140)