Menpora Imam Nahrawi: Pers Pengawal Pesta Olahraga

Jum'at, 09 Februari 2018 - 17:09 WIB
Menpora Imam Nahrawi: Pers Pengawal Pesta Olahraga
Menpora Imam Nahrawi: Pers Pengawal Pesta Olahraga
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyebut peran pers sangat vital bagi perkembangan olahraga di Indonesia. Terlebih, tahun ini Indonesia akan menggelar pesta olahraga bertaraf internasional, salah satunya Asian Games dan Asian Para Games.

Menurut Imam, peran jurnalis sangat nyata dan dibutuhkan negara. Selain merekam peristiwa, insan dan produk pers juga memberikan energi dan bisa menginspirasi khalayak dalam mengembalikan kejayaan olahraga Indonesia.

Hal itu disampaikan Imam Nahwari bertepatan dengan Hari Pers Nasional, Jumat (9/2/2018). Tahun ini, Imam berharap pers di Indonesia ikut memantau dan membawa kesuksesan Merah Putih di kancah olahraga.

"Saya mengajak semua insan media di Indonesia untuk satukan tekad sukseskan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Jadilah energi yang melahirkan asa dan inspirasi segenap bangsa yang mengawal hadirnya kembali kejayaan olahraga Indonesia. Panjang Umur Jurnalisme Indonesia!" kata Imam.

Pria asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu juga menyoroti tantangan yang dihadapi insan pers, khususnya di Indonesia. Tantangan tersebut, kata Imam, tidak lepas dari perkembangan kemajuan teknologi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

"Saat ini kita juga hidup di era dimana teknologi, media digital, dan media sosial membuat hampir semua orang bisa mengakses informasi sekaligus menyebarluaskannya. Dahulu ini merupakan hak eksklusif jurnalis, inilah yang membuat kerja jurnalis hari ini menjadi jauh lebih sulit," lanjut Imam.

Imam berharap, insan pers terus mengemban fungsi media massa sebagai kontrol sosial didasari pada proses verifikasi yang ketat. Dengan begitu, Imam berharap masyarakat bisa terhindar dari berita hoax.

Sekadar informasi, puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 berlangsung di Danau Cimpago Pantai Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018). Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan HPN 2018.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4059 seconds (0.1#10.140)