Dampak Covid-19, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda hingga 2021

loading...
Dampak Covid-19, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda hingga 2021
kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Asia ditunda hingga tahun depan karena pandemi virus corona/Foto/Reuters
A+ A-
KUALA LUMPUR - Publik sepak bola Indonesia harus sabar menanti racikan Pelatih Shin Tae-yong. Pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Asia ditunda hingga tahun depan karena pandemi virus corona.

Badan Sepak bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan penundaan tersebut, Rabu (12/8/2020). Putaran kedua kualifikasi Zona Asia awalnya dijadwalkan sesuai jeda internasional pada bulan Oktober dan November 2020. Namun, situasi pandemi virus corona yang belum mereda di selumlah negara memaksa jadwal tersebut dimundurkan hingga 2021. (Baca juga: Preview Atalanta vs PSG : Impian Paris).

Ini menandai kedua kalinya kualifikasi -yang juga berfungsi sebagai penyisihan untuk Piala Asia 2023 di China- ditunda karena pertandingan pada Maret dan Juni juga ditunda karena pandemi.

"Dengan tujuan menjaga kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau secara dekat situasi di kawasan dan untuk mengidentifikasi tanggal baru untuk masing-masing pertandingan kualifikasi," demikian pernyataan itu. (Baca juga: Community Shield: Liverpool vs Arsenal Batal Dihadiri Penonton?)

"Rincian lebih lanjut mengenai tanggal baru untuk putaran berikutnya dari pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 akan diumumkan segera."



Selain itu, AFC juga menangguhkan kompetisi elite antarklub Asia, Liga Champions Asia (ACL) 2021, pada awal Maret 2021 karena pandemi Covid-19. (Baca juga: Barcelona Konfirmasi Satu Kasus Positif Virus Corona).

Qatar akan menjadi pusat kegiatan regional untuk pertandingan di Asia Barat ketika Liga Champions Asia 2020 dilanjutkan pada 14 September. Sedangkan Malaysia ditunjuk sebagai pusat kegiatan Asia Timur dengan pertandingan di wilayah tersebut akan dimulai kembali pada bulan Oktober.
(sha)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top