Jadwal Mundur, PSSI Berharap Timnas Merah Putih Tetap Semangat

loading...
Jadwal Mundur, PSSI Berharap Timnas Merah Putih Tetap Semangat
PSSI berharap pemain timnas Indonesia tetap semangat dan terus berlatih meski jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 mundur hingga 2021/Foto/dok PSSI
A+ A-
JAKARTA - PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA dan AFC mengubah jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala Asia 2023. Ketua Umum Mochamad Iriawan berharap pemain timnas Indonesia tetap semangat dan terus berlatih meski ajang tersebut mundur hingga 2021.

Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) kembali menunda pertandingan kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 zona Asia yang rencananya digelar Oktober dan November 2020, dijadwal ulang pada 2021. (Baca juga: Dampak Covid-19, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Ditunda hingga 2021).

Dalam laman resmi AFC, pertimbangan pemunduran jadwal tersebut terkait situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda di banyak negara.

"Dengan tujuan menjaga kesehatan dan keselamatan semua peserta, FIFA dan AFC akan terus bekerja sama untuk memantau secara dekat situasi di kawasan dan untuk mengidentifikasi tanggal baru untuk masing-masing pertandingan kualifikasi," demikian pernyataan AFC. (Baca juga: Preview Atalanta vs PSG : Impian Paris).

Timnas Merah Putih berada di Grup G dan sudah tersingkir dari perburuan tiket Piala Dunia 2020. Namun, Pasukan Shin Tae-yong masih menyisakan tiga pertandingan melawan Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam. Tiga pertandingan tersebut rencananya akan dimainkan pada 8 serta 13 Oktober, dan 12 November 2020, namun dibatalkan.



Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan PSSI menghormati keputusan AFC dan FIFA. Apalagi atas dasar pertimbangan kesehatan dan keselamatan banyak orang. (Baca juga: Community Shield: Liverpool vs Arsenal Batal Dihadiri Penonton?).

“PSSI mendukung keputusan FIFA dan AFC terkait penundaan pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022," kata Iriawan seperti dilansir laman resmi PSSI (pssi.org)

"Tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan, apalagi Piala AFF 2020 juga ditunda. Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia.” (Baca juga: Barcelona Konfirmasi Satu Kasus Positif Virus Corona).

Terkait turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 2020, AFC menetapkan digelar sesuai jadwal. Piala AFC U-19 digelar 14-31 Oktober di Uzbekistan, sedangkan Piala AFC U-16 pada 25 November-12 Desember 2020 di Bahrain.

“PSSI mendapat informasi dari AFC bahwa turnamen Piala AFC U-19 dan U-16 2020 masih sesuai jadwal. Namun demikian hal tersebut bisa menjadi pembahasan di Komite Kompetisi AFC," ujar Iriawan. (Baca juga: Bentrok di Semifinal, Sevilla Punya Pengalaman Bungkam Manchester United).



"Setiap federasi atau negara anggota AFC diperkenankan memberi masukan terkait kedua turnamen tersebut, hal ini sangat baik karena PSSI ada pak Endri Erawan (Exco PSSI) yang menjadi anggota Komite Kompetisi AFC.”

Saat ini, tiga timnas Indonesia (Senior, U-19, dan U-16) menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta dan Bekasi. Tmnas Senior dan U-19 dibawah arahan pelatih Shin Tae-yong dan timnas U-16 ditangani Bima Sakti.
(sha)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top