alexametrics

Perolehan Medali Asian Games 2018, Minggu (19/8/2018), hingga Pukul 21.00 WIB

loading...
Perolehan Medali Asian Games 2018, Minggu (19/8/2018), hingga Pukul 21.00 WIB
Ketika Presiden RI Joko Widodo mengalungkan medali emas pertama buat kontingen Indonesia kepada Defia Rosmaniar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/8/2018) / Reuters
A+ A-
JAKARTA - Perburuan medali di Asian Games 2018 telah dimulai. Pada pesta olahraga se-Asia ini, tuan rumah Indonesia menargetkan posisi 10 besar.

Target yang dicanangkan pemerintah rasanya tidak terlalu sulit jika melihat perjuangan atlet Indonesia di hari pertama perburuan medali Asian Games. Kontingen Indonesia selaku tuan rumah penyelenggaraan event empat tahunan ini sudah mengumpulkan satu medali emas dan satu medali perak.

Medali pertama Indonesia disumbangkan atlet wushu Marvelo Edgar Xavier. Pewushu berusia 19 tahun itu menyabet medali perak setelah mengumpulkan poin 9,72 di nomor Changquan di Jiexpo, Jakarta Utara, Minggu (19/8/2018).

Marvelo hanya terpaut 0,03 poin dari atlet wushi China Sun Peiyuan yang mendapat nilai 9,75. Medali perunggu diamankan atlet Taiwan Tsai Tsemein yang meraih 9,70 poin. (Baca juga: Atlet Wushu Cetak Hat-trick Medali Pertama Indonesia di Asian Games)



Tak berselang lama, lagu Indonesia Raya berkumandang di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC), setelah Defia Rosmaniar berhasil mengalahkan Salahshouri Marjan dari Iran pada final putri nomor invididual poomsae. Atlet taekwondo Indonesia berusia 23 tahun itu membukukan nilai 8.690, sedangkan Marjan 8.470.

Usai pertandingan Menpora Imam Nahrawi merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang mendoakan atlet Tanah Air di Asian Games ini. "Terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat Indonesia, ini adalah emas pertama yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi yang sudah datang sore ini. Saya berharap Bapak Presiden bisa terus datang untuk memberi motivasi kepada atlet Indonesia agar bisa menyumbangkan emas-emas berikutnya," kata Imam Nahrawi.
 
"Bapak presiden tadi bahagia, dan Presiden langsung mengalungkan medali emas, dan ini sangat langka ada kepala negara yang menyerahkan medali. Untuk masalah bonus tentu kita sudah siapkan bonus Rp 1,5 miliar, dan ini saya harap bisa memotivasi atlet-atlet lainnya. Dan Alhamdulilah hari ini kita sudah mendapatkan dua medali emas, satu emas dari Taekwondo dan satu lagi perak dari Wushu. Semoga berikutnya akan ada medali tambahan," imbuh Menpora.

Kendati berhasil merebut emas di hari pertama perebutan medali, namun posisi kontingen Indonesia kurang bagus. Hingga pukul 21.00 WIB, tim Merah Putih tertahan di posisi keenam. (Baca juga: Defia Rosmaniar Raih Medali Emas Pertama Indonesia di Asian Games 2018)

Sementara China menempati posisi teratas dengan raihan tujuh medali emas, lima perak, dan empat perunggu. Posisi kedua ditempati Jepang dengan tiga emas, enam perak, dan empat perunggu.

Daftar 10 Besar Perolehan Medali di Asian Games 2018:
Perolehan Medali Asian Games 2018, Minggu (19/8/2018), hingga Pukul 21.00 WIB
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak