Duel 'Mantan Jawara' di Semifinal Liga Europa

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 12:35 WIB
loading...
Duel Mantan Jawara di Semifinal Liga Europa
Foto/Koran SINDO
A A A
KOLN - Kelayakan Manchester United (MU) menjadi juara Liga Europa musim ini mendapatkan tantangan nyata kala bersua tim tersukses di kompetisi, Sevilla, pada babak semifinal, Senin (17/8/2020). Pertandingan yang berlangsung di Rhein Energie Stadion, Köln, Jerman, itu akan menjadi momentum bagi The Red Devils menuntaskan dendam.

MU tentu sudah sangat menantikan kesempatan ini. Maklum, mereka memiliki pengalaman pahit ketika disingkirkan Sevilla dengan agregat 1-2 di babak 16 besar Liga Champions musim 2017/2018 yang merupakan pertemuan pertama kedua tim di pertandingan kompetitif.

MU yang masih diasuh Jose Mourinho ditahan tanpa gol pada leg pertama di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan (21/2/18) dan takluk 1-2 di leg kedua yang berlangsung di Old Trafford (13/3/18). (Baca: Bentrok di Semifinal, Sevilla Punya Pengalaman Bungkam Manchester United)

Hal itu memantik semangat tempur Harry Maguire dkk. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer bahkan mewanti-wanti pasukannya agar tidak boleh terpeleset melawan Sevilla untuk melaju ke final sekaligus memperbesar kans menjadi juara Liga Europa .

Terlebih The Red Devils telah membuang kesempatan emas di dua kompetisi domestik, kebetulan langkah mereka juga terhenti di semifinal. Di awal tahun, MU tersingkir di semifinal Piala Liga seusai kalah agregat 2-3 dari rival sekota, Manchester City. Sementara di semifinal Piala FA, MU takluk 1-3 dari Chelsea, Juli lalu.

“Kami telah menjalani dua semifinal sebelumnya di Piala Liga dan FA, tapi kami ingin melanjutkan ke langkah berikutnya. Mencapai semifinal adalah usaha yang bagus, lumayan, tapi itu tidak cukup untuk MU. Kami harus pastikan kegagalan di dua piala tersebut bisa membuat perbedaan. Saya pikir para pemain siap menghadapi Sevilla,” ungkap Solskjaer, dilansir manutd.com.

Pelatih asal Norwegia tersebut menilai pertandingan semifinal Liga Europa bukan sekedar masalah teknis, tapi juga mentalitas. Menurut Solskjaer, tim yang memiliki kedua faktor itu akan menang.

Untuk mendulang kemenangan, Solskjaer akan menurunkan komposisi terbaik. Anthony Martial diplot sebagai ujung tombak dengan dukungan Marcus Rashford, Mason Greenwood, Bruno Fernandes, Paul Pogba, dan Nemanja Matic. Sementara Maguire dan Victor Lindelof menjaga sektor pertahanan.

Kinerja lini depan harus ditingkatkan mengingat ketidakmampuan mereka mencetak gol saat menang 1-0 melawan FC Copenhagen di perempat final Liga Europa , Senin (10/8). MU terbilang beruntung lantaran mendapatkan penalti yang dicetak Bruno Fernandes di masa perpanjangan waktu.

Solskjaer pun menekankan semifinal kali ini ibarat final. Berdasarkan peraturan UEFA, pertandingan semifinal kali ini hanya berlangsung satu kali lantaran pandemi Covid-19. Padahal, ketika normal, pertandingan berlangsung dua leg. (Baca: Turki-Yunani memanas, Ini Perbandingan Kekuatan Militernya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)