Tim Bulu Tangkis Indonesia Berpeluang Tambah 2 Wakil ke Olimpiade Paris, Begini Syaratnya

Rabu, 20 Maret 2024 - 04:04 WIB
loading...
Tim Bulu Tangkis Indonesia Berpeluang Tambah 2 Wakil ke Olimpiade Paris, Begini Syaratnya
Tim Bulu Tangkis Indonesia Berpeluang Tambah 2 Wakil ke Olimpiade Paris, Begini Syaratnya
A A A
JAKARTA - Tim bulu tangkis Indonesia secara matematis sudah meloloskan lima wakil ke Olimpiade Paris 2024 . Namun, jumlah tersebut masih berpotensi bertambah yakni sebanyak dua wakil.

Sejauh ini secara perhitungan, Indonesia sudah meloloskan lima wakil lewat dua tunggal putra Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu.



Periode kualifikasi Olimpiade Paris yang masih berlangsung hingga April 2024 membuat Indonesia masih punya harapan menambah dua wakil. Asa terbesar itu ada di ganda putra Bagas Maulana/M. Shohibul Fikri dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Harapan paling besar ada di Rinov/Pitha, yang pada pekan ini ada di posisi zona lolos Olimpiade Paris 2024. Mereka mengoleksi 52,814 dan menempati urutan ke-13 dalam zona lolos Olimpiade 2024.

Mereka bersaing dengan wakil Singapura, Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica yang berselisih tipis dengan koleksi 52,590 poin. Hal itu pun diperkuat dengan pernyataan Yuni Kartika selaku Public Relation Tim Ad Hoc Olimpiade Paris PBSI.

"Rinov/Pitha akan bersaing dengan Terry/Jessica (Singapura) untuk masuk peringkat 13," ucap Yuni dalam keterangan pers PBSI, Selasa (19/3/2024).

Untuk tetap mengamankan posisi tersebut, maka sejumlah syarat pun harus bisa dipenuhi Rinov/Pitha. Mengingat masih ada tiga turnamen tersisa yang mereka ikuti, dengan dua diantaranya yakni Swiss Open dan Spain Masters 2024.

"Rinov/Pitha ada peluang karena main di Swiss dan Spain Masters dengan target juara atau minimal finalis. Sementara pasangan Singapura hanya ikut Swiss Open. Mereka akan beradu lagi di Kejuaraan Asia," lanjutnya.

Sementara itu, Bagas/Fikri bisa menjadi pendamping Fajar/Rian di ganda putra. Namun, saat ini posisi mereka belumlah aman karena pekan ini ada di posisi 9 dengan koleksi 71,129 poin.

Untuk satu negara bisa meloloskan dua wakil di ganda, kedua pasangan tersebut harus ada di posisi 8 besar dalam race to Olympic. Karena itu, Bagas/Fikri harus naik satu tingkat lagi untuk lolos ke Paris.

Mereka akan bersaing dengan wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Bagas/Fikri akan mengikuti dua turnamen di waktu tersisa yakni Swiss Open dan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024.

"Bagas/Fikri berebut peringkat delapan dengan pasangan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Swiss Open harus juara atau finalis dan Kejuaraan Asia targetnya semifinal," tutup Yuni.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)