alexametrics

Opening Ceremony Asian Para Games 2018

Doa untuk Palu Awali Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

loading...
Doa untuk Palu Awali Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018
Pesta olahraga atlet disabilitas terbesar di Asia, Asian Para Games 2018, resmi dibuka, Sabtu (6/10/2018)/Foto-foto/Sindonews/Ramadhan Adiputra
A+ A-
JAKARTA - Pesta olahraga atlet disabilitas terbesar di Asia, Asian Para Games 2018, hari ini resmi dibuka. Defile atlet dari 43 negara mewarnai upacara pembukaan (opening ceremony) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Upacara pembukaan di Stadion GBK, Sabtu (6/10/2018) diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, ribuan atlet peserta Asian Para Games 2018 dari 43 negara tampil melakukan defile.
Doa untuk Palu Awali Upacara Pembukaan Asian Para Games 2018

Dalam sambutannya, ketua panitia pelaksana Asian Para Games (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, mengatakan, ingin menjadikan Asian Para Gemes 2018 sebagai yang tersukses di antara ajang olahraga multi-event atlet disabilitas yang pernah ada. Tak lupa Okto juga berdoa untuk korban bencana gempa di Lombok dan Sulawesi.

"Saat ini hati kami masih merasakan duka yang mendalam, karena bencana yang melanda beberapa daerah di Indonesia seperti di Lombok, Palu, dan Donggala. Olahraga adalah bahasa pemersatu kami," kata Okto dalam sambutannya.



Senada dengan Okto, Ketua Asian Paralympic Committee (APC) Majid Rashed juga menyatakan berbela sungkawa atas musibah yang menimpa Indonesia khusunya di Lombok dan Sulawesi. Dia berharap, korban yang terdampak bencana gempa bumi bisa diberi kekuatan dan ketabahan yang luar biasa.

"Selamat datang, apa kabar? Alhamdulillah. Atas nama keluarga Asian Paralympic Committee (APC) kami berbela sungkawa kepada masyarakat di Sulawesi. Doa kami bersama para korban," kata Majid Rashed.

Setelah sambutan keduanya, seisi Stadion GBK mengheningkan cipta untuk menghormati korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala. Acara berlanjut pada pembukaan secara resmi yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Sayangnya, pada sambutannya Jokowi keliru menyebut Asian Para Games sebagai Asian Games.

"Melalui Asian Para Games 2018 ini kita ingin merayakan persaudaraan. Kita menunjukkan kegigihan dan prestasi, dan kita ingin menjunjung tinggi kemanusiaan. Dan, dengan mengucap bismillahirohmanirohim, saya nyatakan dengan resmi, Asian Games dibuka," kata Jokowi.

Pesta olahraga atlet disabilitias terbesar di Asia akan berlangsung di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Sebanyak 2.800 atlet dan 1.800 ofisial dari 43 negara akan ambil bagian dalam perhelatan ini. Terdapat 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak