alexametrics

Mengacu pada Statistik, Persija Bisa Kantongi Tiket Semifinal

loading...
Mengacu pada Statistik, Persija Bisa Kantongi Tiket Semifinal
Mengacu pada Statistik, Persija Bisa Kantongi Tiket Semifinal
A+ A-
JAKARTA - Persija Jakarta seharusnya bisa mengamankan tiket ke babak semifinal Piala Presiden. Kalteng Putra yang menjadi lawan pada babak 8 Besar di Stadion Patriot Bekasi hari ini, sejatinya bukan lawan berat bagi Macan Kemayoran yang notabene merupakan tim terbaik Indonesia musim lalu.

Dari sisi teknis, tak ada yang bisa menggagalkan misi Persija mengunci satu tempat di babak semifinal. Seluruh penggawa dalam kondisi terbaiknya dan sudah menjalani masa recovery yang cukup panjang. Hanya empat pilar yang diragukan tampil lantaran baru saja memperkuat tim nasional Indonesia melawan Myanmar.

Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, dan Novri Setiawan serta Rohit Chand yang membela Nepal masih dalam pemantauan kondisi kebugaran. Selebihnya, sudah siap melanjutkan misi mempertahankan gelar juara turnamen pramusim. Tidak hanya itu, statistik selama fase grup juga mengunggulkan Persija. Dari tiga laga, Macan Kemayoran mengemas dua kemenangan dan sekali hasil imbang.



Padahal, pada laga kedua kontra Madura United yang notabene bertabur bintang, pelatih Ivan Kolev menurunkan delapan pemain cadangannya. Selain itu, laga akan digelar di Stadion Patriot Bekasi yang dalam dua musim terakhir menjadi kandang Persija Jakarta. Dukungan Jakmania dipastikan akan menjadi motivasi tambahan bagi Ismed Sofyan untuk mempersembahkan kemenangan di depan publiknya sendiri.

Meski diunggulkan, pelatih Ivan Kolev enggan jemawa. Dia mewanti-wanti anak asuhnya untuk menjaga fokus dan bekerja keras dalam pertandingan sore nanti. Alasannya, tim berjuluk Laskar Isen Mulang itu merupakan tim kuda hitam dan memiliki komposisi pemain yang bagus. Hal itu diperkuat dengan racikan strategi Gomes de Olivera yang sejauh ini terbukti mampu menyingkirkan dua tim kuat, PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

“Sekali lagi tidak usah berbicara statistik yang penting kami kerja keras untuk menang,”ujar Kolev, kemarin. Faktor lain yang harus diwaspadai Persija adalah motivasi berlipat Kalteng Putra. Berstatus sebagai tim pendatang baru dan lolos ke babak 8 Besar Piala Presiden, I Gede Sukadana dkk diyakini ingin membuktikan diri mampu bersaing dengan tim-tim mapan lainnya.

Mengalahkan Persija Jakarta yang notabene juara Liga 1/2018 akan menegaskan jika Kalteng Putra siap menghadapi musim 2019. Sementara itu, striker Persija Silvio Escobar berambisi membuktikan diri sebagai striker haus gol dalam laga kontra Kalteng Putra. Mantan pemain Perseru Serui itu bertekad mencetak gol pertamanya sekaligus mempersembahkan kemenangan bagi Macan Kemayoran.

“Ya pertandingan lawan Kalteng ini sangat penting buat kita yah. Saya berharap kasih yang terbaik untuk pertandingan besok dan mudah-mudahaan saya bisa bantu tim, bisa cetak gol pertama ya,”ujarnya. Ya, Escobar sudah lima kali tampil membela Persija. Namun, striker yang digadang-gadang menjadi pengganti Marko Simic itu belum mampu mencetak sebiji gol pun.

Karena itu, menghadapi Kalteng Putra, pemain asal Paraguay itu berjanji akan bekerja lebih keras lagi. “Untuk itu kita harus kerja keras, dan berusaha sama-sama. Ya semoga besok semua lancar dan bisa selebrasi cetak gol,” tambahnya.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak