JK Temui FIBA Bahas Kejuaraan Dunia Basket 2023

Sabtu, 18 Mei 2019 - 17:00 WIB
JK Temui FIBA Bahas Kejuaraan Dunia Basket 2023
JK Temui FIBA Bahas Kejuaraan Dunia Basket 2023
A A A
LAUSSANE - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, bertemu sejumlah federasi olahraga interanasional ketika berkunjung ke Swiss. Salah satunya federasi basket dunia (FIBA) guna membahas kesiapan Jakarta sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Basket 2023.

Dalam lawatan ke Laussane, Swiss, Sabtu (18/5/2019) JK pertama-tama mengunjungi markas Komite Olimpiade Internasional (IOC). Setelahnya, Wakil Presiden berkunjung ke markas FIBA.

Erick Thohir yang merupakan anggota FIBA Central Board juga hadir dalam pertemuan yang berlangsung 45 menit tersebut. Menurut dia, pertemuan tersebut membahas persiapan menggelar kejuaraan dunia basket.

"Pertemuan dengan FIBA ini juga untuk menunjukkan kesiapan, keseriusan, dan dukungan yang diberikan pemerintah dalam setiap kegiatan olahraga internasional yang berlangsung di Indonesia. Apalagi ini kali pertama Jakarta menjadi tuan rumah kejuaraan dunia basket sehingga ajang ini sangat bergengsi," kata Erick Thohir.

Jakarta akan menjadi kota penyelenggaraan kejuaraan dunia yang pertama kali digelar tahun 1950 itu bersama dua kota Asia lainnya, Manila (Filipina) dan Okinawa (Jepang). Dengan adanya kejuaraan dunia di 2023 pecinta bola basket di tanah air dapat melihat langsung bintang-bintang basket dunia berlaga di ibu kota.

"Basket merupakan olahraga beregu nomor satu di ajang Olimpiade. Jadi respons FIBA sangat positif, ketika mengetahui bahwa pemerintah kita mendukung kejuaraan dunia di Jakarta. Mereka juga memberikan dukungan penuh keinginan kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, sekaligus berharap agar kesuksesan pelaksanaan kejuaraan dunia bola basket FIBA 2023 menjadi show case atau acuan bagi IOC dalam menentukan tuan rumah Olimpiade 2032 di sidang IOC tahun 2024," lanjutnya.

Erick menutup dengan menyampaikan bahwa Indonesia melalui PERBASI akan segera menyiapkan timnas Indonesia yang mumpuni dan mampu bersaing dengan jago basket dari mancanegara.

Sekadar informasi, rombongan JK yang bertemu FIBA terdiri dari Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman M Fachir, dan Wakil Tetap RI di Jenewa, Hasan Kleib, JK diterima Andreas Zagklis, Sekjen FIBA, Patrick Mariller, Chief Financial Officer, dan Michel Filliau, Special Advisor to FIBA Secretary General.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8239 seconds (0.1#10.140)