UEFA Umumkan Aturan Baru di Liga Champions Musim Depan

Minggu, 26 Mei 2019 - 16:00 WIB
UEFA Umumkan Aturan Baru di Liga Champions Musim Depan
UEFA Umumkan Aturan Baru di Liga Champions Musim Depan
A A A
BERN - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah merilis sembilan poin aturan baru yang akan diterapkan pada Liga Champions musim depan. Beberapa perubahan itu disepakati setelah UEFA menggelar pertemuan dengan Dewan FA Internasional (International Football Association Board/IFAB), yang terdiri dari empat negara dan empat perwakilan FIFA, di Aberdeen, Maret lalu.

UEFA nantinya akan mengenalkan aturan baru ini pada laga final Liga Champions musim ini yang mempertemukan dua tim raksasa Liga Inggris, yakni Tottenham Hotspur versus Liverpool di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB. Nantinya, dua kesebelasan yang bentrok di lapangan hijau hanya diperbolehkan membawa 12 pemain untuk duduk di bangku cadangan.

Sebelum terlalu jauh membahas mengenai aturan baru UEFA di Liga Champions musim depan, tak ada salahnya untuk memahami sembilan poin tersebut.

Sembilan Perubahan di Liga Champions Musim Depan:


1. Tendangan Bebas

Tim yang sedang mengambil tendangan bebas, pemainnya tidak boleh menyusup dalam pagar betis (defensive walls) yang berisi tiga pemain atau lebih. Pemain yang timnya sedang mengambil tendangan bebas, setidaknya berjarak satu meter dari pagar betis.

2. Tendangan Gawang

Tendangan gawang atau tendangan bebas di area kotak penalti tak lagi harus dilakukan dengan memastikan bola meninggalkan kotak penalti. Namun, pemain lawan tak boleh berada di dalam kotak penalti sebelum bola jadi hidup.

3. Drop ball

Drop Ball atau sebuah bola dijatuhkan digunakan untuk me-restart permainan setelah penghentian sementara dalam bermain karena adanya pelanggaran selain pelanggaran. Wasit menjatuhkan bola ke tanah antara dua pemain lawan. Putar ulang ketika menyentuh bola tanah. Di Liga Champions 2019/2020, wasit atau pemain bisa langsung langsung diberikan ke penjaga gawang jika permainan dihentikan di dalam kotak penalti. Jika pertandingan dihentikan di luar kotak penalti, maka drop ball akan diberikan untuk tim yang terakhir menyentuh bola dan para pemain lain harus berjarak empat meter dari bola.

4. Handball

Gol akan dianulir oleh wasit jika pemain mencetak gol dengan menggunakan bagian dari tangannya. Meskipun itu dilakukan secara tidak sengaja, maka itu akan dianggap sebagai sebuah pelanggaran atau handball membuat gol dianulir.

5. Tendangan Penalti

Penjaga gawang kini hanya diperbolehkan meletakkan satu kakinya di garis ketika tendangan dilakukan. Penjaga gawang tidak diperkenankan menyentuh tiang, gawang, atau jaring sebelum tendangan dilakukan.

6. Pemain Pengganti

Pemain pengganti wajib meninggalkan lapangan di posisi terdekatnya, tidak lagi harus meninggalkan lapangan melalui garis tengah lapangan dan wasit keempat akan mengatur pergantian. Ini ditujukan agar tim tak membuang banyak waktu.

7. Kartu Merah

Pelatih dan manajer bakal menerima kartu kuning dan merah jika melakukan pelanggaran. Aturan ini telah diberlakukan di ajang Piala Liga Inggris musim ini, tapi belum di Liga Primer.

8. Tendangan Kick Off

Tim yang menang tos di awal pertandingan akan memulai tendangan kick off.
Di dalam aturan UEFA, diperbolehkan menempatkan 12 pemainnya untuk duduk di bangku cadangan di pertandingan final.

9. Pengenalan Aturan Baru di Laga Final Liga Champions 2018/2019
Aturan terakhir dari sembilan perubahan aturan di Liga Champions nantinya akan diterapkan di final Liga Champions tahun ini. Baik Liverpool maupun Tottenham diperbolehkan membawa 12 pemain mereka untuk duduk di bangku cadangan.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8964 seconds (0.1#10.140)