alexametrics

La Liga Spanyol 2019/2020

Wonderkid Bacelona, Ansu Fati: Antara Rekor dan Jalan ke Timnas Spanyol

loading...
Wonderkid Bacelona, Ansu Fati: Antara Rekor dan Jalan ke Timnas Spanyol
Dalam waktu singkat Ansu Fati (kanan) telah menjadi pusat perhatian sepak bola Spanyol/Foto/Reuters
A+ A-
BARCELONA - Dalam waktu singkat Ansu Fati telah menjadi pusat perhatian sepak bola Spanyol. Penyerang berusia 16 tahun membuat sejarah di Barcelona dengan penampilannya yang brilian dalam usianya yang relatif muda.

Absennya Lionel Messi menjadi berkah bagi pemain kelahiran Bissau, Guinea-Bissau, 31 Oktober 2002, itu. Setelah melakukan debut pada usia 16 tahun dan 298 hari saat Barcelona mengalahkan Real Betis 5-2 pada 25 Agustus, dia menjadi pencetak gol La Liga termuda Barcelona setelah mencetak gol saat imbang 2-2 di Osasuna seminggu kemudian.

Pelatih Ernesto Valverde kemudian memberi kesempatan Fati melakukan debut penuh dan menjadi starter dalam kemenangan 5-2 atas Valencia di Camp Nou, Sabtu (14/9/2019) atau Minggu (15/9/2019) dini hari WIB. Dia hanya butuh tujuh menit untuk membuktikan pelatihnya benar memilihnya. (Baca juga: Tanpa Lionel Messi, Barcelona Gulung Valencia).



Dalam dua menit, Fati menyerahkan umpan silang Frenkie de Jong untuk membuat Barca unggul, dan dia membalas budi kepada rekan satu timnya lima menit kemudian setelah tendangan brilian dari kiri, dan menjadikannya sebagai pemain La Liga termuda abad ini yang mencetak gol dan membantu gol (assist) dalam pertandingan yang sama.

Tidak heran bos Barcelona U-19 Victor Valdes menggambarkannya sebagai 'permata La Masia', pemain yang menghasilkan "anarki murni". Tidak heran pelatih pertamanya, Jose Luis Perez Mena, mengatakan: "Saya sudah menonton sepak bola selama 50 tahun dan saya belum pernah melihat orang seperti dia."

Dengan Piala Dunia U-17 yang akan datang bulan depan, tidak heran, bahwa Spanyol sangat ingin mengontraknya.

Dilahirkan di Guinea-Bissau dan memenuhi syarat untuk Spanyol dan Portugal. Fati pindah ke Spanyol bersama keluarganya sebagai seorang anak dan bergabung dengan Akademi Sevilla sebelum menerima tawaran untuk menandatangani kontrak dengan Barca saat berusia 10 tahun, setelah ayahnya menolak tawaran yang lebih besar dari Real Madrid.

Menurut harian Catalan Sport, Fati telah menyatakan niatnya untuk bermain untuk negara adopsinya. Pelatih kepala tim nasional Spanyol Robert Moreno berharap Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) membawanya ke kandang La Furia Roja.

"Saya tidak terlibat dalam proses itu tetapi federasi berusaha membawa Ansu Fati ke tim Spanyol dan setelah itu pemain akan memutuskan," kata Moreno kepada wartawan.

"Federasi bekerja untuk mendapatkan pemain terbaik. Ini kabar bagus bagi Barca, pemain lulusan La Masia bekerja dengan baik. Saya harap dia tenang."
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak