Guardiola: FA Salah Bila Menghukum Silva karena Cuitan kepada Mendy

Kamis, 26 September 2019 - 03:02 WIB
Guardiola: FA Salah Bila Menghukum Silva karena Cuitan kepada Mendy
Guardiola: FA Salah Bila Menghukum Silva karena Cuitan kepada Mendy
A A A
MANCHESTER - Pelatih Manchester City Pep Guardiola percaya Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) akan membuat kesalahan jika menghukum Bernardo Silva atas kicauan yang dihapus di media sosial. Silva membandingkan rekan setimnya Benjamin Mendy dengan karakter kartun di akun Twitter-nya.

Silva mem-posting kicauan pada hari Minggu (22/9/2019), menyamakan Mendy dengan karakter dalam logo Conguitos, merek penganan populer di Spanyol dan Portugal. Cuitan itu diimbuhi kalimat ‘Guess Who?’, tapi dihapus satu jam kemudian.

Silva, 25 tahun, kemudian mem-posting kicauan kedua berbunyi "Bahkan, tak bisa bercanda dengan teman hari ini, kalian." Namun, badan anti-rasisme 'Kick It Out' mengutuk tindakan Silva, dan menyebut stereotip rasis tidak pernah dapat diterima sebagai olok-olok.

Media Inggris melaporkan bahwa FA telah menulis surat kepada Man City, sang juara Liga Primer musim lalu, untuk meminta penjelasan.

"Jika mereka ingin melakukan itu dan meminta penjelasan Bernardo (Silva), dia akan terbuka untuk berbicara," kata Guardiola kepada wartawan setelah City mengalahkan klub divisi II Preston North End 3-0 di Piala Liga Inggris, Selasa (24/9/2019).

"Tapi pertama-tama, Anda harus tahu persis orang yang kamu bicarakan. Jika sesuatu terjadi, itu akan menjadi kesalahan karena Bernardo adalah orang yang luar biasa. Tidak ada hubungannya dengan warna kulit atau kebangsaan."

Guardiola sepertinya mengecilkan insiden itu, dan mengatakan bahwa Mendy tidak tersinggung dengan kicauan Silva.

"Ada banyak situasi dengan orang kulit putih di mana gambar kartun akan terlihat serupa. Tanggapan dari Mendy jelas. Mereka bercanda sepanjang waktu," tambah Guardiola.

"Bernardo adalah salah satu orang paling menyenangkan yang pernah saya temui dalam hidup saya. Dia berbicara empat atau lima bahasa, itulah cara terbaik untuk memahami betapa dia berpikiran terbuka."

"Salah satu teman baiknya adalah Mendy. Dia seperti saudara laki-lakinya. Dia mengambil foto Benjamin ketika dia masih muda dan menghubungkannya dengan kartun ini, sangat mirip dengan gambarnya."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7911 seconds (0.1#10.140)