Angkatan Muda Muhammadiyah Gelar Kickoff Liga HW I 2019

Minggu, 13 Oktober 2019 - 16:26 WIB
Angkatan Muda Muhammadiyah Gelar Kickoff Liga HW I 2019
Angkatan Muda Muhammadiyah Gelar Kickoff Liga HW I 2019
A A A
JAKARTA - Kick off Liga HW I 2019 yang di gelar dilapangan Pancoran Soccerfield Milik TNI AU, dihadiri oleh beberapa Tokoh, baik dari PP Muhammadiyah, AMM tingkat Pusat, Kemenpora dan Walikota Jakarta selatan.

PP Muhammadiyah dihadiri oleh Muhajir Efendi yang sekaligus juga menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI menyambut hangat atas gelaran Liga HW I 2019 yang diselenggarakan oleh AMM Pusat.

Dalam sambutanya Muhajir Efendi menyampaikan bahwa Indonesia dan Khususnya Warga Muhammadiyah tidak dapat dipisahkan dari sepak bola, atau yang familiar disebut olahraga rakyat ini, dari Muhammadiyah lahir para tokoh sepak bola seperti Suratin dan Abdul Hamid penggagas PSSI yang ada sekarang ini.

Bahkan Muhajir menyebutkan di Jawa Timur pernah ada tim dari Muhammadiyah yang masuk di divisi I pada era 80an, semangat inilah yang harus dihadirkan kembali agar dari Muhammadiyah lahir tim-tim hebat, bibit-bibit unggul yang nantinya akan ikut pada kompetisi yang ada.

Terkahir pesan Muhajir, Pastinya sebagai warga Muhammadiyah hendaknya Liga ini dijadikan ladang dakwah, ajang Silaturrahim, untuk mempererat persatuan anak bangsa, dan terakhir tetap junjung sportivitas pungkasnya sebelum akhirnya Kick Off Liga HW I 2019 dibuka.
Angkatan Muda Muhammadiyah Gelar Kickoff Liga HW I 2019

Muhammadiyah sudah tidak lagi diragukan kiprahnya dalam dunia Dakwah baik melalui bidang kesehatan pendidikan dan kebencanaan, kali ini lewat Angkatan Muda Muhammadiyahnya mencoba mengeglorakan kembali dunia Sepak bola di kalangan Muhammadiyah melalui Liga HW I 2019.

Liga HW adalah turnamen sepak bola yang digelar oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) mulai dari Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah.

peserta klub HW atau yang klub sepak bola yang terafiliasi dengan persyarikatan Muhammadiyah di semua tingkatan, baik Ortom maupun Amal usaha Muhammadiyah di seluruh Indonesia, yang terdaftar dan lolos verifikasi

Adapun setelah dilakukan penjaringan melalui website,kepanitian menerima sebanyak 38 Tim, yang dibagi ke dalam 4 Zona, Zona I meliputi Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Lampung, Zona I diikuti 10 Team Sepakbola HW. Zona 2 (Jawa Tengah) diikuti 6 Tim, Zona 3 (DIY) 8 Tim dan Zona 4 (Jawa Timur) 12 Tim.

Opening Ceremony dan Kick off akan digelar Ahad 13 Oktober 2019 di Zona I, Zona 1 diikuti sebanyak 10 Team yang nantinya akan diambil 1 Tam sebagai pemenang Zona dan akan dipertandingkan di Final Nantinya yang akan dihelat pada waktu Muktamar Muhammadiyah 48 yang akan digelar di Manahan Solo.

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto menjelaskan tujuan Liga HW ini mengembalikan peran Muhammadiyah di sepak bola. Menurut pria yang akrab disapa Cak Nanto tersebut, Muhammadiyah sebagai organisasi masyarakat memiliki saham besar dalam sejarah awal perkembangan sepak bola Indonesia.

“Liga HW 1 2019 adalah bentuk komitmen serta penguatan organisasi Muhammadiyah dalam mendukung kemajuan sepak bola nasional untuk melanjutkan apa yang sudah dirintis Ki Bagus Hadikusumo dengan mendirikan Kauman Voetbal Club (KVC) yang kemudian bermetamorfosis menjadi persatuan sepak bola Hizbul Wathan (PSHW). Sampai sekarang, masih banyak PS HW yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia,” tambah Cak Nanto.

Cak Nanto melanjutkan, dari rahim persyarikatan Muhammadiyah lahir pula tokoh besar yang mewarnai sepak bola Indonesia seperti Ir Suratin Sosrosugondo, Ketua Umum PSSI pertama, Abdul Hamid BKN, mantan bendahara PSSI, Dasron Hamid, dan Muhammad Djamiat Dalhar yang pernah menjadi bagian dari skuad timnas baik sebagai pemain atau pelatih.

Tak kalah penting, tambah Cak Nanto, Liga HW 2019 ini juga untuk mendukung program Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepak-bolaan Nasional. Demi peningkatan prestasi sepak bola nasional dan internasional.

“Karena itu, kami AMM bertekad kuat kembali menggelorakan spirit dakwah melalui lapangan hijau sebagai bentuk penguatan untuk memberikan kontribusi positif dalam hal mempersatukan perbedaan demi kemajuan bangsa dalam memajukan pesepak-bolaan nasional dengan mempersiapkan potensi dan bibit atlet sepak bola.

Walaupun ini yg pertama, harapanya ini sebagai awal dan kedepanya dapat digelar lagi lebih besar dan lahir bibit unggul untuk sepakbola Indonesia.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8246 seconds (0.1#10.140)