Kapan dan Bagaimana Saul Canelo Alvarez Jadi Bintang Tinju Terbesar?

Sabtu, 14 September 2024 - 14:14 WIB
loading...
A A A
Jika ada, keputusan mayoritas mungkin telah menghalangi Canelo. Sifat kontroversial dari juri CJ Ross yang melihat pertarungan yang seimbang padahal kenyataannya adalah kemenangan telak Mayweather masih melekat di tenggorokan mereka yang berada di sana. Meskipun begitu, Canelo terus menekan dan menghentikan Alfredo Angulo kurang dari lima bulan kemudian.

Canelo berjuang keras untuk meraih kemenangan tipis dan masih diperdebatkan (split decision) atas Erislandy Lara, dengan beberapa orang percaya bahwa kekuatan bintangnya, dan bukan kemampuannya, yang membawanya keluar dari kesulitan dan memberinya kemenangan, namun penghancuran Kirkland, sebuah kemenangan angka atas Cotto, dan KO spektakuler atas Amir Khan yang malang, menambah momentum, rekening bank, dan catatan rekornya.

Dan saat ini, tempat di puncak telah kosong. Anthony Joshua merupakan bisnis yang besar di Inggris namun tidak terlihat di Amerika Serikat, di mana Pacquiao dan Floyd tidak terlihat. Tyson Fury semakin bertambah berat badannya dan lebih sering berada di klub malam dibandingkan klub tinju dan tidak ada orang lain yang memiliki gravitasi atau basis penggemar seperti Canelo. Fakta bahwa ia siap untuk masuk ke dalam parit dan mengakomodasi lawan hanya menambah daya tariknya.

''Gaya bertarungnya adalah bagian dari itu, dan menjadi seorang Meksiko - yang jarang terjadi - tidak ada salahnya,” tambah Fischer. “Namun, yang terpenting adalah sikap dan karismanya. Ia bersedia menantang dirinya sendiri, yang sangat dihormati oleh para penggemar fanatik, serta memiliki kepercayaan diri dan kesombongan layaknya seorang koboi.” ''Ia adalah seorang bintang karena ia adalah daya tarik penonton nomor satu dalam tinju Meksiko,” jelas Lampley.

Namun Canelo tidak melakukan apa pun untuk merebut obor dari Mayweather di atas ring, dan ketika dia memiliki kesempatan untuk duduk di puncak olahraga tanpa perselisihan, bagi banyak orang, dia dihadiahi hasil imbang saat menghadapi Gennady Golovkin dalam pertarungan pertama mereka, dan meskipun Canelo memenangkan pertandingan ulang dengan selisih yang sangat kecil - dengan suara mayoritas - itu adalah kemenangan yang paling menonjol bagi Fischer sebagai kemenangan paling penting bagi petinju asal Meksiko tersebut.

''Bagi saya, ini adalah pertandingan ulangnya dengan Golovkin,” kata editor Ring. “GGG menyulitkannya dalam pertarungan pertama mereka, dan seperti kebanyakan pengamat, saya pikir Canelo kalah dalam pertarungan itu. Sebagian besar petarung dengan perawakannya akan menerima hasil imbang dan mengucapkan 'selamat tinggal' pada petinju keras seperti Golovkin selamanya, namun Canelo memiliki banyak kebanggaan. Dia ingin kesempatan untuk menjadi lebih baik. Dan dia bertarung dengan lebih baik dalam pertandingan ulang, yang merupakan Pertarungan Terbaik Tahun Ini, dan sebuah laga klasik modern di antara para juara kelas menengah.”

Lampley berjuang untuk menentukan kemenangan besar Canelo, dan percaya bahwa daya tarik bintangnya adalah hasil dari lebih dari satu penampilan luar biasa. Dia memiliki rekor jangka panjang yang menentukan,” kata Lampley.
“Dia memiliki rekor jangka panjang yang menentukan,” kata Lampley. “Saya tidak berpikir ada satu kemenangan yang menentukan, meskipun mengalahkan Austin Trout sangat penting dalam membuktikan bahwa ia dapat mengalahkan seorang petinju-pemukul yang terampil, dan mengalahkan Miguel Cotto adalah langkah besar karena Cotto adalah bintang besar, yang sangat dihormati karena kemampuan dan profesionalismenya. Dua kemenangan tersebut merupakan kepercayaan besar pada saat itu.”

Tentu saja, kontroversi besar Canelo muncul di antara pertarungan Golovkin, dengan hasil tes clenbuterol yang positif. Hal tersebut menjadi dilema bagi para penggemarnya, dan juga bagi Fischer dari The Ring. ''Itu adalah masalah besar pada saat itu dan saya pikir itu menyakiti dan mempermalukan Canelo secara pribadi saat dia berurusan dengan penyelidikan,” kata Fisher.

''Ada banyak sorotan terhadapnya dari para penggemar, media, dan sebagian besar industri tinju. Ini adalah waktu yang sulit bagi Majalah Ring juga, karena kami telah bersumpah untuk mencoretnya dari peringkat dan mencopot gelar juara The Ring jika komisi Nevada menangguhkannya, dan itulah yang terjadi. Namun, kami mendapat tekanan dari Golden Boy Promotions (promotor Canelo pada saat itu dan pemilik majalah). Kami melawannya dan akhirnya mendapatkan apa yang kami inginkan - Canelo dicoret dari peringkat sebelum pertandingan ulang, tetapi seluruh cobaan yang berlangsung berbulan-bulan itu sangat menegangkan,''analisisnya.

Saat ini, sangat jarang ada kelas induksi Hall of Fame yang tidak menyertakan seorang petinju yang telah dites positif dan tidak diragukan lagi bahwa Canelo akan menuju ke Canastota. Beberapa anggota otoritas tinju berpendapat bahwa Alvarez positif terkontaminasi secara sah dari daging, termasuk agen doping kelas atas, namun lumpur tersebut masih melekat di beberapa tempat, meskipun waktu telah berlalu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)