alexametrics

Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sebelum Hadapi Malaysia, Timnas Indonesia Lawan Klub Lokal

loading...
Sebelum Hadapi Malaysia, Timnas Indonesia Lawan Klub Lokal
Salah satu penggawa Timnas Indonesia Febri Hariyadi berharapan dengan seorang pemain PKNS. Ini laga uji coba jelang menghadapi Timnas Malaysia. Foto : PSSI
A+ A-
KUALA LUMPUR - Meski peluang Timnas Indonesia tipis untuk berbicara lebih banyak di Piala Dunia 2020, persiapan serius tetap dilakukan. Bahkan jelang melawan Malaysia, Tim Garuda mengasah kuku dengan melawan klub lokal, PKNS.

Keseriusan skuat Merah Putih ini sudah ditunjukkan dengan datang lebih dulu ke Kuala Lumpur, meski pertandingan baru akan digelar pada 19 November mendatang. Sebagai tahap awal persiapan, Indonesia yang kini ditangani Yeyen Tumena sebagai pelatih sementara usai PSSI memecat Simon McMenemy, menggelar pertandingan uji coba melawan PKNS.

Uji coba yang diselenggarakan di Lapangan PKNS, Petaling Jaya, Kamis (14/11/2019), berhasil dimenangkan Indonesia dengan skor 3-0 lewat gol Septian David Maulana dan dua gol Lerby Eliandry. Uji coba digelar memakai format tiga babak. Masing-masing babak berdurasi 30 menit. Sehingga total tetap 90 menit, atau sesuai dengan waktu normal pertandingan.



"Uji coba ini bagus buat kami untuk melihat sejauh mana hasil latihan selama dua hari terakhir," kata Yeyen dilansir laman PSSI.

"Saya melihat para pemain mulai mengerti rencana yang disusun untuk pertandingan tanggal 19 November nanti. Alhamdulillah juga tadi lapangan licin, tapi tidak ada pemain yang cedera. Padahal permainan juga sedikit keras," tambahnya.

Dari pertandingan ini, Yeyen mengevaluasi belum melihat ketajaman yang diperlihatkan pemain Indonesia. Kemudian bagaimana ketika memenangi perebutan bola, tetapi kurang tajam saat melancarkan tekanan.

Chemistry antar pemain termasuk perlu ditingkatkan. Namun hal itu wajar karena tidak semua pemain bersama. Sehingga perlu jam bermain bersama-sama. "Nanti latihan tanggal 16, 17, dan 18 kami akan lihat komposisi apa yang cocok untuk pertandingan tandang ini," tutur Yeyen Tumena.

Untuk kondisi pemain sejauh ini tidak ada yang cedera . Semua pemain bisa bermain 3x30 menit. Durasi 30 menit per babak dalam pertandingan ini ditujukan periodesasi permainan.

"Waktu 30 menit untuk adaptasi, lalu mencoba komposisi di masing-masing 30 menit berikutnya. Ini untuk menemukan siapa yang bisa diandalkan di tiap posisi," tukasnya.

Sebanyak 22 pemain yang dibawa tim pelatih Timnas Indonesia semua dapat kesempatan bermain. Hal ini untuk memberi kesempatan mereka beradaptasi dengan taktik dan strategi yang direncanakan untuk menghadapi Malaysia, Selasa 19 November 2019 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Indonesia dijadwalkan menantang Malaysia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G. Laga itu nanti merupakan pembuka dari paruh kedua kualifikasi. Skuat Indonesia sengaja berangkat lebih awal ke Malaysia. Tim pelatih ingin membawa pemain dalam situasi yang penuh konsentrasi.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak