Petinju Kelas Berat Terbaik Inggris Sepanjang Masa

Sabtu, 21 September 2024 - 12:59 WIB
loading...
Petinju Kelas Berat...
Petinju Kelas Berat Terbaik Inggris Sepanjang Masa. Foto: Sky Sports
A A A
Ada suatu masa ketika frasa "kelas berat Inggris" secara universal disertai, setidaknya di sisi barat Atlantik, dengan kata sifat "horisontal": sebuah referensi berduri untuk kegagalan petinju Inggris yang berulang kali selama hampir satu abad untuk mendekati hadiah terbesar dalam olahraga.

Namun, sejak tahun 1992, lima petinju Inggris telah memegang setidaknya satu bagian dari mahkota kelas berat (delapan jika periode singkat ketika Michael Bentt, Henry Akinwande, dan Herbie Hide memegang sabuk WBO yang saat itu secara umum diabaikan). Saat Anthony Joshua dan Daniel Dubois bertemu di Wembley Stadium pada hari Sabtu, 21 September, ini akan menjadi babak terbaru dalam periode dimana petinju Inggris, bersama dengan jagoan dari Ukraina, sebagian besar mendominasi dunia tinju kelas berat.

Maka tidak mengherankan jika daftar 10 besar petinju kelas berat Inggris sepanjang masa mencakup beberapa perwakilan dari masa keemasan ini, di samping petinju-petinju lain yang mengibarkan bendera Inggris dengan berbagai tingkat kesuksesan pada beberapa dekade sebelum para petinju kelas berat Inggris memaksa dunia untuk memperhatikan mereka secara serius.

Dengan permintaan maaf kepada Akinwande, Bentt dan Hide (dan kepada Dubois, Joe Joyce, Brian London, Gary Mason, Dillian Whyte, dan yang lainnya yang tidak masuk ke dalam daftar ini), inilah daftar 10 petinju kelas berat terbaik dari pulau yang terkenal itu.

1. Don Cockell (66-14-1, 38 KO)


Setelah kalah dari Randolph Turpin, penakluk dan korban Sugar Ray Robinson, dalam pertarungan memperebutkan gelar kelas ringan-berat Inggris dan Persemakmuran pada tahun 1952, Cockell naik ke kelas berat dan segera naik peringkat.

Kemenangan atas Roland LaStarza dan Harry "Kid" Matthews menempatkannya dalam perebutan gelar juara dunia melawan Rocky Marciano, yang berlangsung di San Fransisco pada 16 Mei 1955. Cockell kalah KO pada ronde kesembilan; ia bertarung dua kali lagi - keduanya kalah KO - sebelum pensiun.

2. Tommy Farr (88-34-19, 25 KO)

Setelah awal karirnya yang lambat, dengan kekalahan yang hampir sama seringnya dengan kemenangan, "Teror Tonypandy" akhirnya menemukan kakinya; rekor 17-0-2 antara Mei 1935 dan Juni 1937, termasuk kemenangan atas Tommy Loughran dan Max Baer, dan memberinya kesempatan untuk melawan sang juara, Joe Louis. Sebelum menghadapi Farr pada 30 Agustus 1937, Louis telah meng-KO delapan dari sembilan lawannya; setelah itu, ia menghentikan tujuh lawannya secara beruntun. Namun, Farr mampu bertahan, dan meskipun wasit Arthur Donovan memberi sang juara 13 ronde, dua juri lainnya menganggapnya sebagai kontes yang lebih dekat.

3. David Haye (28-4, 26 KO)


Sementara karier Haye di kelas berat tidak dapat menandingi keunggulannya di kelas penjelajah, dan akhir yang penuh dengan cedera pada saat ia berada di atas ring sangat mengecewakan, penampilan terbaik Haye - termasuk kemenangan atas Nicolay Valuev, Derek Chisora, John Ruiz, dan Audley Harrison - sangat terkenal dan sering kali sangat menegangkan dan membuatnya meraih gelar juara dunia.

4. Henry Cooper (40-14-1, 25 KO)


Momen terbaik dan paling terkenal dari Cooper terjadi saat ia menghajar dan melukai Cassius Clay muda, namun ia harus kalah karena luka. (Kulitnya yang tipis juga mengecewakannya dalam pertandingan ulang).

Dia dua kali menjadi juara Eropa dan memegang gelar Inggris dan Persemakmuran dari tahun 1959 sampai 1971, kehilangan gelar tersebut secara kontroversial dengan seperempat poin dari Joe Bugner dalam pertandingan yang akan menjadi laga terakhir dalam karier Cooper.

5. Frank Bruno (40-5, 38 KO)


Bersama dengan Cooper dan Ricky Hatton, mungkin dia adalah petinju Inggris yang paling dicintai dalam sejarah modern. Gagal dalam dua kesempatan pertamanya untuk meraih gelar juara dunia, kalah dari Tim Witherspoon dan Mike Tyson, sebelum mengalahkan Oliver McCall untuk merebut sabuk WBC yang dirampas McCall dari Lennox Lewis. Kehilangan sabuk dalam pertahanan pertamanya melawan Tyson yang kembali bangkit dan pensiun.

6. Joe Bugner (69-13-1, 43 KO)


Gaya bertarung Bugner yang relatif berhati-hati, ditambah dengan kontroversi kemenangannya atas Cooper yang populer, membuat petinju kelahiran Hungaria ini tidak pernah benar-benar diterima oleh publik Inggris. Namun ia secara konsisten berada di peringkat 10 besar pada Era Keemasan Tinju Kelas Berat tahun 1970-an, bertarung (dua kali) dengan Muhammad Ali dan, dalam sebuah pertarungan yang tidak biasa, Joe Frazier. Pensiun dan tidak pensiun beberapa kali sebelum menggantungkan sarung tinju untuk yang terakhir kalinya pada tahun 1999, di usia 49 tahun.

7. Anthony Joshua (28-3, 25 KO, masih aktif)


Setelah karier amatir yang relatif singkat, Joshua meraih medali emas di Olimpiade London 2012 dan segera menjadi salah satu wajah tinju Inggris. Memenangkan sabuk IBF pada Februari 2016 dan menyatukannya dengan TKO ronde ke-11 yang mendebarkan atas Wladimir Klitschko di depan 90.000 penonton di Stadion Wembley pada bulan November tahun itu. Kekalahan mengejutkan dari Andy Ruiz Jr pada Desember 2018, meskipun berhasil dibalas, tampaknya meruntuhkan kepercayaan dirinya, dan dua kekalahan dari Oleksander Usyk menimbulkan keraguan tentang masa depannya sebagai penantang teratas. Namun, sejak bergabung dengan pelatih Ben Davison, ia terlihat telah kembali ke bentuk terbaiknya, yang akan ia coba lanjutkan saat menghadapi Dubois.

8. Tyson Fury (34-1-1, 24 KO, masih aktif)


Seperti Joshua, Fury masih menulis kisahnya yang penuh warna dan kontroversial, dan tidak ada yang dapat menebak di mana dia akan berada dalam daftar ini ketika akhirnya selesai. Mengejutkan dunia dengan kemenangan atas Wladimir Klitschko pada November 2015 untuk menjadi juara dunia kelas berat, namun tidak bertarung lagi selama dua setengah tahun di tengah-tengah masalah kesehatan mental, kenaikan berat badan yang drastis, dan sepasang tes narkoba yang gagal. Kembali pada tahun 2018 dan, pada tahun yang sama, naik ke atas kanvas untuk bertanding melawan Deontay Wilder, yang kemudian ia kalahkan melalui penghentian dua kali.

Bersama dengan Floyd Patterson dan Muhammad Ali, salah satu dari tiga petinju yang dua kali diakui sebagai juara kelas berat oleh The Ring. Kehilangan gelarnya dari Oleksander Usyk awal tahun ini dan akan berusaha merebutnya kembali pada bulan Desember.

9. Bob Fitzsimmons (74-8-3, 30 ND, 67 KO)


Pria paling ringan yang pernah menjadi juara kelas berat, "Ruby Robert" memiliki berat badan hanya 167 pon saat ia memukul KO Jim Corbett pada bulan Maret 1897 untuk menjadi pria yang mengalahkan pria yang mengalahkannya dan merebut gelar juara dunia kelas berat yang baru lahir. Dia kehilangan mahkota dari James Jeffries dua tahun kemudian dan kemudian mengambil sabuk kelas ringan-berat untuk melengkapi gelar kelas menengah dan kelas berat yang telah dia raih. Dianggap sebagai salah satu petinju terkuat dalam sejarah dan terkenal dengan pukulan "ulu hati" yang dipatenkan.

10. Lennox Lewis (41-2-1, 32 KO)


Bisa dibilang bukan hanya petinju kelas berat terbaik Inggris yang pernah ada, namun juga petarung terbaiknya, Lewis lahir di London, pindah ke Kanada pada usia 12 tahun, dan memenangkan medali emas di Olimpiade 1988. Kembali ke Inggris untuk menjadi petinju profesional, ia dianugerahi sabuk WBC secara retroaktif setelah memukul KO Razor Ruddock pada Oktober 1992, ketika pemegang gelar Riddick Bowe menolak untuk bertarung melawannya. Secara mengejutkan kalah dari McCall pada tahun 1994, namun merebut kembali sabuknya dari penakluknya tiga tahun kemudian ketika McCall mengalami gangguan emosional di atas ring.

Menjadi juara tak terbantahkan dengan kemenangan atas Evander Holyfield pada tahun 1999, kehilangan gelar dan mendapatkannya kembali dari Hasim Rahman pada tahun 2002, dan mengakhiri kariernya dengan menghentikan Mike Tyson dan Vitali Klitschko sebelum pensiun pada bulan Februari 2004 setelah mengalahkan semua lawan yang pernah dihadapinya.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0770 seconds (0.1#10.140)