Lanjutkan Kompetisi, Spanyol Optimistis, Bundesliga dan Italia Masih Teka-teki

Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:30 WIB
loading...
Lanjutkan Kompetisi, Spanyol Optimistis, Bundesliga dan Italia Masih Teka-teki
Pemain Bayern Munich sedang berlatih. Foto/Bundesliga
A A A
MADRID - Skenario bagi para pemain Primera Liga kembali ke sesi latihan tampaknya bisa terwujud awal bulan ini. Klub-klub dapat menggelar latihan, 48 jam setelah pemain mereka menjalani tes Covid-19. Para pemain dikabarkan akan menjalani tes Covid-19 antara 5 Mei dan 7 Mei, dengan ketentuan bahwa Pemerintah Spanyol memberi operasi lampu hijau.

Dewan Olahraga Nasional Pemerintah (CSD) percaya bahwa melanjutkan Primera Liga musim ini memungkinkan. Namun, mereka harus mengikuti perintah Kementerian Kesehatan Spanyol. Jika CSD memberikan izin tes yang akan diberikan kepada para pemain pada Kamis (30/4), tes tersebut dapat mulai dilakukan pada Selasa (5/5).

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan Spanyol akan memungkinkan tes Covid-19 tersedia mulai Senin (4/5) sehingga atlet profesional dapat mulai kembali bekerja. Ini terjadi setelah pertemuan antara Dewan Olahraga Nasional (CSD) dan gugus tugas untuk momentum olahraga (GTID), yang termasuk LaLiga, Federasi Sepak Bola Spanyol, Asosiasi Pesepak Bola Spanyol, serta klub-klub seperti Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, klub Atletich, Liga Endesa, sindikat pemain bola basket, Komite Olimpiade Spanyol, dan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut antara lain menghasilkan dua hal mendesak: kembali berlatihnya sepak bola profesional (dengan persetujuan protokol dan tindakan oleh Departemen Kesehatan) dan perlombaan balap sepeda Vuelta a Espana.

Itu adalah pertemuan panjang yang merupakan titik balik bagi para pihak untuk memperoleh jalur pemerintahan gratis sehingga olahragawan mereka dapat memulai lagi. Mereka dapat melakukan tes. CSD menyampaikan kepada semua anggota GTID dokter klub akan dapat melakukan tugas-tugas ini sesuai perintah menteri pada 13 April dan selalu dalam Fase 0 dari strategi de-eskalasi Spanyol.

Selain itu, CSD juga menunjukkan bahwa krisis Covid-19 sangat dinamis sehingga maju atau mundurnya usaha menggulirkan event olahraga akan tergantung pada evolusi pandemi.

Upaya CSD menggulirkan kembali Primera Liga dengan tetap memprioritaskan kesehatan sejalan dengan komitmen UEFA yang masih menginginkan kompetisi untuk dilanjutkan di negara-negara lain. Terlepas dari keputusan Prancis dan Belanda yang membatalkan kompetisinya.

"Semua asosiasi yang berpikir untuk melanjutkan musim mereka harus mematuhi protokol lengkap yang merinci kesehatan dan kondisi operasi untuk memastikan kesehatan mereka yang terlibat dilindungi," kata Tim Meyer, Presiden Komite Medis UEFA, dilansir Marca.

Dari Jerman, Bundesliga harus menunggu satu pekan lagi untuk mengetahui kemungkinan tanggal mulai kembali kompetisi karena pemerintah telah menunda keputusan tersebut. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan keputusan tentang apakah dan kapan kegiatan olahraga dapat dilanjutkan akan diambil pada Rabu (6/5). "Sangat penting bahwa kita tetap disiplin dan patuh pada pedoman kesehatan," kata Merkel.

Banyak pihak berharap kompetisi segera digulirkan. Seperti diketahui, Liga Sepak Bola Jerman (DFL), yang mengelola Bundesliga, telah memperingatkan bahwa banyak tim Divisi Utama akan berada dalam posisi keuangan yang terancam jika kompetisi tidak dilanjutkan pada Juni.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)