Arsenal Resmi Pecat Unai Emery

Jum'at, 29 November 2019 - 19:05 WIB
Arsenal Resmi Pecat Unai Emery
Arsenal Resmi Pecat Unai Emery
A A A
LONDON - Unai Emery tidak bisa lagi melanjutkan kiprahnya sebagai pelatih Arsenal. Nakhoda asal Spanyol itu harus segera meninggalkan Emirates Stadium lantaran resmi dipecat setelah melewati tujuh pertandingan beruntun tanpa kemenangan.

Kekalahan 1-2 dari Eintracht Frankfurt pada partai kelima penyisihan Grup F Liga Europa, Jumat (29/11) rupanya menjadi laga terakhir Emery sebagai arsitek The Gunners. Pasalnya, pria berusia 48 tahun itu kini sudah menjadi pengangguran.

Arsenal juga mengkonfirmasikan bahwa Freddie Ljungberg untuk sementara akan menjadi pelatih interim sampai pelatih baru diangkat. Tugas pertamanya adalah membantu Meriam London bangkit dari keterpurukan saat nanti melawan Norwich City pada lanjutan Liga Primer, Minggu (1/12).

“Keputusan ini diambil karena hasil dan performa yang diperlihatkan tidak berada di level yang diharapkan. Kami sudah meminta kepada Freddie Ljungberg untuk mengambil tanggung jawab sebagai pelatih interim . Kami sangat percaya dia bisa membawa kami maju ke depan,” jelas pernyataan Arsenal, dilansir skysport.

Adapun pemecatan Emery sejatinya telah diprediksi sejak awal. Kekalahan dari Frankfurt dipercaya sudah membuat kesabaran para petinggi Arsenal habis. Soalnya, klub London Barat itu kini sudah melewati tujuh pertandingan disemua kompetisi tanpa kemenangan.

Bahkan, sejak menggantikan Arsene Wenger pada 23 May 2018, hasil kerja Emery dianggap masih belum memuaskan. Dia gagal membawa pasukannya tampil di Liga Champions karena hanya finish di posisi kelima pada musim perdananya.

Selain itu, Emery juga tidak mampu mempersembahkan gelar Liga Europa lantaran dikalahkan Chelsea di final. Itu berarti, kebersamaannya bersama Arsenal hanya berlangsung sekitar selama 17 bulan. Dia mengikuti jejak Mauricio Pochettino yang sebelumnya didepak Tottenham Hotspur.

Selama bertugas, Emery hanya mencatat 43 menang, 16 imbang, dan 19 kalah dari total 78 laga, atau dengan persentase kemenangan 55,1%. “Pencarian pelatih baru sudah dilakukan. Dan, kami akan mengeluarkan pengumuman resmi setelah semua prosesnya selesai,” tambah pernyataan Arsenal.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5104 seconds (0.1#10.140)