Petinju yang Gagal Juara Dunia Tinju 3 Kali, Terbaru Anthony Joshua

Senin, 30 September 2024 - 09:11 WIB
loading...
Petinju yang Gagal Juara...
Petinju yang Gagal Juara Dunia Tinju 3 Kali, Terbaru Anthony Joshua/The Sun
A A A
Anthony Joshua bukanlah satu-satunya petinju yang pernah gagal untuk menjadi juara dunia tinju tiga kali dan mungkin bukan yang terakhir. Ada beberapa petinju yang belum beruntung untuk menjadi juara dunia tiga kali di semua kelas tinju, termasuk Mike Tyson. Selain Anthony Joshua, berikut 5 petinju yang gagal juara dunia tinju 3 kali.

Mike Tyson
Mike Tyson tetap menjadi salah satu petinju kelas berat terhebat sepanjang masa, yang berkuasa dari tahun 1986, saat ia memenangkan gelar WBC, hingga tahun 1990, saat ia kehilangan ketiga gelarnya. Dalam salah satu kekecewaan olahraga terbesar dalam sejarah, Tyson kalah dari James 'Buster' Douglas di Tokyo melalui kemenangan KO ronde ke-10 pada bulan Februari 1990.



Enam tahun kemudian, Tyson menjadi juara dua kali saat ia memukul KO Frank Bruno dalam tiga ronde untuk memenangkan gelar WBC. Tyson kemudian mengalahkan Bruce Seldon pada bulan September 1996, dengan kemenangan KO pada ronde pertama, dan memenangkan sabuk WBA.

Tyson kehilangan sabuknya dari Evander Holyfield dua bulan kemudian dalam kekalahan TKO di ronde ke-11. Dalam pertandingan ulang, Tyson didiskualifikasi pada akhir ronde ketiga karena menggigit kedua telinga Holyfield pada bulan Juni 1997. Tyson harus menunggu selama lima tahun berikutnya untuk mendapatkan kesempatan bertarung lagi dalam perebutan gelar juara dunia kelas berat.

Saat itu melawan Lennox Lewis pada tahun 2002. Ini adalah upaya ketiga dan terakhir Tyson untuk menjadi juara dunia kelas berat, yang gagal setelah Lewis mendominasi pertandingan dan menjatuhkan Tyson dalam delapan ronde.

Wladimir Klitschko

Petinju asal Ukraina, Wladimir Klitschko, pertama kali menjadi pemegang gelar juara dunia saat ia mengalahkan Chris Byrd dengan angka mutlak untuk merebut sabuk WBO pada bulan Oktober 2000. Setelah lima kali mempertahankan gelar selama tiga tahun, Klitschko kehilangan gelarnya dari Corrie Sanders melalui kekalahan di ronde kedua.

Dia gagal merebut kembali gelarnya setahun kemudian saat bertarung melawan Lamon Brewster, namun Klitschko menjadi juara dua kali pada bulan April 2006 saat dia memukul KO Chris Byrd dalam tujuh ronde untuk merebut gelar IBF.

Setelah menambah gelar WBO dengan kemenangan angka mutlak atas Sultan Ibragimov pada Februari 2008, dan menambah gelar WBA setelah mengalahkan David Haye tiga tahun kemudian, Klitschko kalah angka dari Tyson Fury pada tahun 2015. Namun, ia gagal menjadi juara tiga kali saat menghadapi Anthony Joshua pada April 2017 dalam pertarungan memperebutkan gelar IBF dan WBA.

Andre Berto

Mantan juara kelas welter dua kali, Andre Berto menjadi pemegang gelar kelas 147 pound pada bulan Juni 2008 setelah memenangkan sabuk WBC yang ditinggalkan oleh Floyd Mayweather Jr. dan kemudian mempertahankan gelar tersebut selama tiga tahun sebelum kalah dari Victor Ortiz pada bulan April 2011.

Sekembalinya lima bulan kemudian, Berto menghentikan perlawanan petinju Slovenia Jan Zaveck dalam ronde kelima untuk merebut gelar juara dunia kelas welter IBF. Sudut Zaveck sempat menghentikan pertarungan karena luka yang dideritanya - hasil yang membuat Berto menjadi juara dua kali di kelas 147.

Berto menolak untuk mempertahankan sabuk IBF barunya melawan penantang wajib Randall Bailey, dan memilih untuk membalas kekalahan satu-satunya dalam karirnya dari Ortiz. Pertarungan ulang yang dijadwalkan pada bulan Juni 2013 antara Berto dan Ortiz dibatalkan setelah Ortiz dinyatakan positif menggunakan zat terlarang.

Berto kalah secara beruntun dari Robert Guerrero dan Jesus Soto Karass saat ia kembali. Berto tidak menyerah dan memaksa dua kemenangan cepat atas Steve Upsher Chambers dan Josesito Lopez untuk mendapatkan tanggal pertarungan pada September 2015 dengan Floyd Mayweather Jr.

Kejuaraan WBC kelas 147 pound melihat Mayweather mendominasi pertarungan yang berat sebelah dan meraih kemenangan angka mutlak dalam 12 ronde untuk memupuskan harapan Berto untuk menjadi juara dunia kelas welter tiga kali.

Josh Warrington

Josh Warrington adalah juara kelas bulu dua kali, setelah memegang gelar IBF kelas 126 pound antara tahun 2018 dan 2022. Warrington pertama kali memenangkan sabuk IBF setelah mengalahkan Lee Selby dalam 12 ronde.

Setelah tiga kali mempertahankan gelar, petinju asal Inggris, Warrington, gagal saat menghadapi Mauricio Lara dengan kekalahan TKO pada ronde kesembilan di bulan Februari 2021. Warrington kemudian menggunakan klausul pertandingan ulang, namun pertarungan kedua ini disebut berakhir imbang secara teknis.



Warrington kembali dengan lebih kuat pada bulan Maret 2022 untuk merebut kembali gelar IBF-nya dengan kemenangan TKO pada ronde ketujuh atas Kiko Martinez. Sembilan bulan kemudian, Warrington kehilangan gelarnya dari Luis Alberto Lopez dalam kekalahan angka mutlak 12 ronde.

Dalam percobaan ketiganya untuk merebut gelar kelas bulu, Leigh Wood mencatatkan kemenangan TKO pada ronde ketujuh atas Warrington pada bulan Oktober 2023, yang memaksanya naik ke bulu super

Joseph Agbeko

Petinju asal Ghana, Joseph Agbeko, melengserkan Luis Alberto Perez untuk menjadi pemegang gelar juara kelas bantam IBF pada bulan September 2007, dengan mencatatkan tujuh kemenangan TKO. Dengan dua kali sukses mempertahankan gelar, Agbeko kehilangan sabuk IBF-nya dari Yonnhy Perez dari Kolombia pada September 2009.

Dua belas bulan kemudian, Agbeko membalas dendam dengan mengalahkan Perez melalui keputusan juri untuk merebut kembali gelar IBF-nya. Sayangnya, ia harus kehilangan sabuk tersebut pada laga berikutnya melawan Abner Mares pada Agustus 2011 melalui keputusan mayoritas. Upaya Agbeko untuk menjadi juara bantam tiga kali terbukti sia-sia setelah ia kalah angka mutlak dari Mares dalam pertandingan ulang empat bulan kemudian.
(aww)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)