Kepala BIN Jateng Pimpin Pengprov E-Sport Jawa Tengah

Minggu, 15 Maret 2020 - 01:01 WIB
Kepala BIN Jateng Pimpin Pengprov E-Sport Jawa Tengah
Kepala BIN Jateng Pimpin Pengprov E-Sport Jawa Tengah
A A A
SEMARANG - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondi Siswanto resmi menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) E-Sports Jawa Tengah.

Kepengurusan E-Sports Jateng dikukuhkan oleh Ketua Umum PB E-Sports Indonesia, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan melalui video telekonferens secara langsung (live), di Kantor BIN Jateng, Sabtu (14/3/2020).

Sondi Siswanto menyatakan bahwa, setelah pembentukan pengurus di tingkat provinsi, pihaknya akan segera membentuk kepengurusan Pengda E-sport Indonesia di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

"Event perlombaan E-Sport juga akan kami gelar. Dengan harapan akan muncul atlet baru dari daerah yang bisa berprestasi di kancah nasional maupun internasional," ujar Sondi kepada wartawan di Semarang, Sabtu (14/3/2020).

Dia menjelaskan, E-Sport merupakan olahraga elektronik, istilah untuk kompetisi permainan video pemain multiplayer. Beberapa turnamen yang seringkali digelar diantaranya, kompetisi games Mobile Legends, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), The International Dota 2 Championships, dan games lainnya. Turnamen ini menampilkan siaran langsung dengan hadiah tunai bagi para pemainnya.

"Olahraga ini merupakan olahraga games yang banyak digandrungi para millenial. Maka kami akan lebih rutin melakukan kejuaraan atau turnamen, sekaligus melakukan pendataan atlet di Jateng," ungkapnya.

Sementara, Ketua Harian Pengprov E-Sport Jateng, Evandra Subagyo menambahkan, E-Sport sudah menjadi cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI. Nantinya, para atlet berprestasi di Jawa Tengah, berkesempatan untuk mengikuti PON, SEA-Games hingga Olimpiade.

"Dengan dibentuknya pengurus di tingkat provinsi, event di daerah akan kami perbanyak untuk menjaring atlet daerah. Selain itu, akan melakukan pendataan atlet. Karena potensi atlet di Jateng sangat besar, yakni sebagai finalis Piala Presiden E-Sport Mobile Legends 2019. Dan salah satu anggota tim juara merupakan warga Kendal. Runner-upnya merupakan tim dari Solo," sebut Evandra.

Sementara itu, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membuat aplikasi pendataan atlet Jateng. Diharapkan para pemain E-Sport profesional di Jateng, bisa mendaftarkan diri dalam aplikasi tersebut.

"Tak hanya atlet, kami juga akan mendata tim atau klub E-Sport di Jateng," ujarnya.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4256 seconds (0.1#10.140)