Kisah Chris Byrd Melawan Sakit, Depresi Akut Tarung di Kelas Berat

Selasa, 15 September 2020 - 06:58 WIB
loading...
Kisah Chris Byrd Melawan Sakit, Depresi Akut Tarung di Kelas Berat
Chris Byrd Melawan Rasa Sakit, Depresi Kronis, Tarung di Usia 50
A A A
Menjadi juara tinju Kelas Berat dunia adalah salah satu pencapaian puncak seorang petinju. Masyarakat pada umumnya telah lama menganggap memegang gelar elite itu sebagai salah satu klaim paling mengesankan yang dapat dibuat oleh seorang pria, sering kali merujuk pada sosok Mike Tyson yang dijuluki sebagai Manusia Paling Buruk di Planet, orang yang dapat, dalam kata-kata John L. Sullivan "menjilat putra mana pun. menyebalkan di rumah. "

Maka akan tampak antitesis bahwa seseorang yang pernah mendaki ke ketinggian itu akan menyesal sampai di sana. Tapi jalan yang diambil petinju ke puncak seringkali lebih traumatis daripada yang kita sadari. Seperti kasus Chris Byrd, mungkin juara tinju Kelas Berat olahraga yang paling tidak mungkin, dan orang yang tidak pernah ingin berada di divisi itu sejak awal.

''Masalahnya, setelah Olimpiade, saya tidak dikontrak oleh siapa pun. Saya memenangkan medali perak. Saya masih, sampai hari ini, tersakiti olehnya,”kata Byrd sambil menangis. “Saya harus pergi ke Kelas Berat. Saya tidak ingin bertarung di Kelas Berat, tetapi tidak ada yang menginginkan saya, jadi saya seperti sialan, apa yang harus saya lakukan?.”

''Ketika saya bertarung di Kelas Berat, itu sangat menakutkan, saya menganggapnya sangat serius. Saya menganggapnya sangat serius sehingga hampir seperti lelucon. Dulu aku begadang semalaman sebelum bertarung seperti ya ampun, besok aku harus di depan David Tua, apa kamu lihat dia ditimbang? Tetapi saya harus melakukannya untuk keluarga saya. Depresi. Itu sebabnya saya bertarung di Kelas Berat. Langsung Depresi."



Byrd mencapai tingkat ketenaran yang datang dengan memegang gelar Kelas Berat, tetapi tidak pernah tingkat popularitas yang diharapkan. Mengingat perawakannya, Byrd terpaksa menggunakan keterampilan tinju dinamisnya untuk membuat lawan bertahan dan mencetak gol dengan tembakan akurat. Dia dicap sebagai orang yang membosankan, sebagai pelari yang gugup, dan sebagai pria yang tidak bisa memukul, daripada sebagai pria yang lebih kecil yang berdiri dan secara ajaib mengalahkan raksasa.

Minggu lalu, Byrd bertelanjang dada muncul di Instagram, baru saja berlari di pegunungan, terlihat jauh lebih kurus dan lebih tegas daripada hari-hari pertarungan sebelumnya, dan menyatakan bahwa dia akan kembali dan ingin menjadi juara tinju Kelas Menengah dunia.

Byrd terakhir kali bertarung pada 2009, dan belum pernah bertarung di batas kelas menengah sejak 1992, saat dia bertarung di Olimpiade Barcelona. Untuk memahami mengapa Byrd ingin melakukan sesuatu yang berisiko seperti kembali ke ring pada usia 50, dalam olahraga dia merasa dianiaya, seseorang harus memahami dua hal.

Pertama, seperti yang dikatakan komentator HBO Jim Lampley selama putaran keempat dari kemenangan gelar tinju Kelas Berat IBF atas Evander Holyfield , “dia hanya seorang penggemar yang tidak bisa menolak olahraga." Dan kedua, dia tidak bisa membayangkan trauma yang lebih buruk daripada apa yang dia alami secara emosional dan fisik selama sebelas tahun terakhir.

''Saya mengalami kerusakan saraf di kaki saya sangat parah. Saya bunuh diri, menjadi gila. Saya berkata pada diri sendiri, ketika saya berhasil melewati ini, saya akan menghadiahi diri saya sendiri dengan gelar Kelas Menengah. Saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk bertarung di Kelas Menengah, jadi inilah waktu saya,”kata Byrd.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)