Timnas U-19 Kalahkan Dinamo Zagreb, Shin Tae-yong Belum Puas

Kamis, 01 Oktober 2020 - 13:35 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, performa dan kebugaran fisik menjadi penentu pemain yang diturunkan. Sekadar diketahui, dalam lima laga pertama, Tae-yong menurunkan tim dengan komposisi pemain yang nyaris sama. Sebut saja Witan Sulaeman, Saddam Gaffar, Supriadi, Arhan, dan lainnya menjadi langganan starter. (Baca juga: RUU Kejaksaan Dinilai Jadikan Jaksa Superbody)

Rotasi baru dilakukan pada laga keenam melawan Bosnia-Herzegovina. Tae-yong menurunkan pemain yang sebelumnya tidak pernah tampil mulai dari Brylian Aldama hingga Jack Brown. Hasilnya, Indonesia kalah tipis 0-1.

Pada laga terakhir melawan Dinamo Zagreb, pelatih berusia 51 tahun itu kembali menggunakan tenaga pemain yang diturunkan pada lima laga uji coba pertama. Garuda Muda akhirnya meraup kemenangan atas tim Eropa berkat gol semata wayang Witan.

Terkait komposisi pemain ini, Tae-yong memastikan jika pemain yang kerap diturunkan tidak menjadi jaminan akan masuk skuad inti timnas U-19 . Dia menyatakan tim pelatih masih memantau perkembangan pemain untuk menyusun starting eleven Garuda Muda.

“Sebenarnya tidak ada perbedaan antara pemain inti dan lapis kedua. Kami melihat siapa yang kondisi dan performanya bagus untuk dimainkan. Kami masih dalam proses pencairan pemain inti,” tandasnya.

Penyerang timnas U-19 Witan mengatakan tujuh laga uji coba yang digelar selama TC di Kroasia menjadi pengalaman berharga bagi dirinya sebagai pemain muda. Menurut dia, pertandingan tersebut, terutama melawan tim Eropa, menjadi bekal untuk menghadapi Piala Dunia nanti.

“Memang kami masih banyak kekurangan, tapi itu urusan pelatih bagaimana mengatasinya. Kami hanya harus berlatih dan mengikuti instruksi. Ini akan menjadi bekal berharga terutama melawan tim Eropa di Piala Dunia nanti,” ujarnya. (Baca juga: Pneumonia Butuh Penanganan Serius)

Di sisi lain, PSSI masih terus menjalin komunikasi dengan federasi sepak bola Turki, TFF, terkait kemungkinan timnas U-19 melanjutkan training centre di negara tersebut. Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan mengungkapkan saat ini ada dua opsi terkait kelanjutan pemusatan latihan Garuda Muda.

Pertama, timnas akan melanjutkan TC jangka panjang di Turki. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada kepastian mengingat komunikasi masih dijalin dengan TFF. Pilihan kedua, Garuda Muda tetap berada di Kroasia dan PSSI akan menjajaki peluang melakukan laga uji coba dengan sejumlah tim berkualitas lainnya.

“Arahan dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), TC timnas tetap di Eropa. Kami lagi usahakan agar dilanjutkan ke Turki dan ini masih dikomunikasikan. Jika tidak, bisa tetap di Kroasia dan mencari lawan tanding yang bagus,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4122 seconds (0.1#10.140)