Gelar Keempat Rublev Imbangi Torehan Prestasi Djokovic

loading...
Gelar Keempat Rublev Imbangi Torehan Prestasi Djokovic
Andrey Rublev. Foto/Reuters
ST. PETERSBURG - Bukan Rafael Nadal atau petenis elite dunia lainnya yang mampu menyamai torehan Novak Djokovic meraih empat gelar ATP sepanjang tahun ini. Sebaliknya, pencapaian petenis peringkat satu dunia itu diimbangi pemain muda asal Rusia Andrey Rublev.

Ya, Rublev baru saja menjadi juara di St Petersburg Terbuka 2020. Dia mengalahkan Borna Coric (Kroasia) 7-6, 6-4 pada laga final yang berlangsung di Sibur Arena, Minggu (18/10) malam. Ini menjadi gelar keempatnya setelah mengangkat trofi serupa di Doha, Adelaide, dan Hamburg. (Baca: Agar Doa Cepat Dikabulkan, Perhatikan Tiga Hal Ini)

Sebelumnya, Djokovic menjadi satu-satunya petenis yang mampu menjadi juara di empat turnamen pada ATP Tour 2020. Padahal, musim ini sempat ditangguhkan akibat pandemi virus korona (Covid-19) yang melanda dunia. Namun, Rublev mampu melakukan hal yang sulit dicapai beberapa petenis hebat di dunia.

Tidak hanya itu, Rublev juga memperpanjang kemenangannya menjadi 10 pertandingan secara beruntun di kandang, setelah sebelumnya berhasil mengangkat Trofi Piala Kremlin di Moskow, tahun lalu. Konsistensi saat tampil di tanah kelahirannya itu membuat Rublev sangat bangga. Apalagi, dia mendapatkannya saat tengah berduka.



“Pada Jumat, saya kehilangan nenek. Ini hak yang sangat sulit. Tapi, saya senang bisa menyelesaikan turnamen dengan baik dan ini adalah turnamen yang sangat istimewa,” kata Rublev, dilansir atptour.

Sekarang, Rublev akan menempati peringkat 10 dunia. Bahkan, dia juga berkesempatan mendapatkan satu tempat tampil untuk pertama kalinya di ATP Finals 2020 di London, 15-22 November mendatang. Apalagi, masih ada dua tiket tersisa dari delapan petenis yang akan tampil di turnamen penutup musim tersebut.

Saat ini, Rublev berada di posisi kedelapan atau tempat terakhir untuk mendapatkan tiket ke London. Namun, dia hanya unggul 249 poin dari Diego Schwartzman (Argentina) yang berada di belakangnya. Meski tidak berhasil lolos, Rublev mengakui ini menjadi musim terbaiknya selama berkarier sejak turun sebagai petenis profesional pada 2014. (Baca juga: Wawancara Beasiswa Unggulan Kemendikbud Dilakukan Daring)



“Saya memiliki peluang bagus untuk lolos (ATP Finals), tapi masih belum 100%. Tahun ini, saya tidak menyangka akan memiliki peluang, tapi pada akhirnya tidak ada yang akan berubah untuk saya. Bahkan, jika tidak berhasil, bagaimanapun, musim ini sangat bagus,” katanya.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top