Jelang El Clasico: Mengapa Barca Lebih Tenar di AS Ketimbang Madrid?

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 23:05 WIB
loading...
Jelang El Clasico: Mengapa Barca Lebih Tenar di AS Ketimbang Madrid?
Barcelona dan Real Madrid klub terpopuler di Amerika Serikat/Foto/google
A A A
BARCELONA - Dua raksasa Spanyol Barcelona dan Real Madrid bentrok pada El Clasico pertama La Liga musim 2020/2021 di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020). Kedua tim punya basis penggemar yang kuat di seluruh dunia, tapi di Amerika Serikat Barcelona ternyata lebih populer ketimbang Madrid.

Perusahaan agensi pemasaran Gilt Edge Soccer Marketing, Rabu (21/10/2020) menerbitkan daftar tim sepak bola paling populer di Amerika Serikat. Perusahaan melakukan pembaruan pada studi yang dilakukan empat tahun lalu dan mengungkapkan bahwa Barcelona dan Real Madrid adalah yang paling populer di Amerika Serikat, mempertahankan keunggulan mereka sejak publikasi 2016.( ).

Untuk melaksanakan studi ini, perusahaan mempertimbangkan tim dari tujuh liga elite, lima teratas di Eropa (Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman , Serie A italia, dan Ligue 1 Prancis) dan dua teratas di Amerika Utara (MLS dan Liga MX).

Mereka mengevaluasi 142 tim berdasarkan survei, tren pencarian Google, dan jangkauan posting Facebook. Sebanyak 60% dari tim top berasal dari Liga Primer, tetapi daftar tersebut dipimpin Barcelona dan Real Madrid. ( ).

"Empat tahun lalu kami hanya mengandalkan data survei. Untuk iterasi kami berikutnya, kami telah menggunakan berbagai sumber lain untuk menceritakan kisah yang lebih holistik," kata Gilt Edge Soccer Marketing dalam laman resmi mereka.

"Semua 142 tim dari tujuh liga diberi peringkat berdasarkan kombinasi data survei tahun 2020, hasil Google Trends, dan jangkauan iklan Facebook." ( ).

"Barcelona, Real Madrid, dan Manchester United di tiga posisi teratas. Yang paling menarik terjadi pada peringkat yang mengikuti tiga besar. Berkat kesuksesan baru-baru ini, Liverpool, yang selalu populer di Amerika Serikat, menjadi klub terpopuler keempat."

Soal popularitas liga, menurut penelitian ini, yang menjadi favorit adalah Liga Primer, melampaui La Liga, karena hanya ada sedikit penggemar untuk tim lainnya selain Barcelona dan Madrid. Liga MX Meksiko terus menjadi lebih populer daripada MLS, sementara yang paling sedikit diikuti adalah Ligue 1, meskipun PSG berada di antara 15 tim favorit.

Khusus di AS, klub MLS terpopuler adalah Los Angeles Galaxy, di posisi 12, dan Atlanta United adalah satu-satunya yang menyelinap ke Top 20, sedangkan tim Meksiko, America ada di dalamnya dari 10 besar, sementara Chivas, Monterrey dan Cruz Azul menyelinap ke 20.

20 Tim Sepak Bola Paling Populer di Amerika

1. FC Barcelona
2. Real Madrid
3. Manchester United
4. Liverpool
5. Chelsea
6. Arsenal
7. Juventus
8. Manchester City
9. America
10. Tottenham
11. Bayern Muenchen
12. LA Galaxy
13. Chivas
14. PSG
15. Monterrey
16. Atlanta United
17. Atletico Madrid
18. Inter Milan
19. Borussia Dortmund
20. Cruz Azul
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)