Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan

Senin, 26 Oktober 2020 - 10:01 WIB
loading...
Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan
Dalam dunia olahraga, mencetak rekor adalah hal lumrah. Namun tahukah anda bahwa ada rekor olahraga terlama yang berlangsung selama berhari-hari. Foto/dok
A A A
DALAM dunia olahraga, mencetak rekor adalah hal lumrah. Rekor yang dicetak oleh atlet kadang tak bertahan terlalu lama namun ada yang bertahan hingga puluhan tahun, bahkan ada rekor yang mungkin akan sulit atau hampir mustahil dipecahkan.

Salah satu rekor yang sulit dilampaui adalah pertandingan olahraga terlama berlangsung berhari-hari hingga belasan jam. Berikut deretan rekor pertandingan olahraga terlama nan melelahkan:

1. Greysia Polii/Nitya Krishinda v Naoko Fukuman/Kurumi Yonao (Bulutangkis)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 2 jam 41 menit ( total 161 menit)

Duel pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda melawan pasangan Jepang, Naoko Fukuman/Kurumi Yonao, di semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia 2016 berhasil mencatatkan rekor
sebagai pertandingan terlama dalam sejarah bulutangkis dunia.

Dalam laga tersebut, kedua pemain bertanding selama dua jam 41 menit atau 161 menit. Menurut situs Badminton World Federation (BWF), laga itu merupakan yang terlama dalam sejarah bulutangks dunia. (Baca: Dengar Suara Totti, Gadis 19 Tahun Terbangun dari Koma)

Sayangnya, dalam laga bersejarah itu, Greysia dan Nitya harus mengakui kemenangan pasangan Jepang dengan skor 21-13, 19-21, dan 22-24. Duel kedua pasangan ini memang sangat sengit. Demi memperebutkan satu poin, mereka harus terlibat dalam rally-rally panjang.

2. Andy Bowen vs Jack Burke (Tinju)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 7 jam, 19 menit

Menilik pada catatan sejarah yang terjadi, pertandingan terlama di arena tinju berlangsung di Klub Olimpiade di New Orleans, pada 6 April 1893, antara Andy Bowen (berkulit hitam) dengan Jack Burke.

Saat itu, tinju masih cukup sebagai olahraga bawah tanah sehingga tidak ada yang namanya keputusan hakim. Pertandingan tersebut berlangsung selama 7 jam 19 menit dengan jumlah ronde mencapai 110 ronde.

Pertarungan antara Bowen melawan Burke berlangsung mulai Kamis malam hingga Jumat subuh. Benar- benar pria kuat. Sang wasit, Jack Duffy, akhirnya menghentikan pertarungan pada ronde
ke-110 dan menyatakan hasilnya draw.

3. John Isner vs Nicolas Mahut (Tenis)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 11 jam, 5 menit

Pertandingan antara petenis Amerika Serikat (AS) John Isner melawan petenis Prancis Nicolas Mahut di Kejuaraan Wimbledon 2010 memecahkan sejumlah rekor tenis. Tidak hanya memecahkan rekor pertandingan terlama dalam sejarah selama 11 jam, 15 menit (rekor sebelumnya hanya sedikit lebih dari setengahnya), tetapi Isner juga memecahkan rekor ace terbanyak dalam pertandingan dengan 113. Baik Isner maupun Mahut sama-sama terlihat kelelahan pada saat pertandingan maraton itu akhirnya berakhir. (Baca juga: NASA Ungkap Gambar Penjelajahan di Asteroid Benu)

Seorang dokter telah memperkirakan bahwa kedua pria tersebut mungkin menderita tendonitis dan
penyakit fisik lainnya sebagai akibat dari cobaan berat mereka. Tidak mengherankan setelah
memenangkan pertandingan ini, Isner akhirnya kalah dari lawan di laga berikutnya karena kelelahan.

4. Rochester Royals vs Olimpiade Indianapolis dan Syracuse vs UConn (Basket)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 6 overtime (tambahan waktu) 3 jam, 46 menit.

Pertandingan NBA terpanjang yang pernah tercatat berakhir dengan skor 75-73 berlangsung pada 1951 ketika tim Olimpiade Indianapolis mengalahkan Rochester Royals melalui 6 kali overtime (tambahan waktu). Laga itu terlihat membosankan karena hanya ada 26 tembakan selama 6 kali perpanjangan waktu yang menyebabkan sebagian besar penonton telah pulang sebelum pertandingan berakhir.

Pertandingan bola basket maraton yang lebih modern terjadi ketika tim universitas Syracuse melawan UConn yang juga harus melewati 6 kali overtime dalam turnamen bola basket antar kampus Big East. Pertandingan tersebut berlangsung hampir 4 jam, dan baru selesai pada pukul 1:30 dini hari waktu setempat. Syracuse akhirnya
berhasil memenangkan permainan dengan skor 127-117.

5.Detroit Red Wings vs Montreal Maroons (Hoki)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 176 menit, 30 detik.

Rekor pertandingan terlama antara Detroit Red Wings melawan Montreal Maroons terjadi pada
pertandingan semifinal NHL Piala Stanley tahun 1936. Setelah tiga periode bermain regulasi selama 20 menit, tidak ada tim yang berhasil menemukan gol, sehingga permainan dilanjutkan ke perpanjangan waktu. (Baca juga: Obat Masa Depan Dapat Hidup di dalam Tubuh Manusia)

Perjuangan bertahan berlanjut, dan para pemain kedua tim belum mampu mencetak gol selama lima periode perpanjangan waktu 20 menit penuh. Hingga akhirnya rookie Detroit, Mud Bruneteau mencetak gol ajaib pada 16 menit memasuki perpanjangan waktu keenam. Total waktu permainan kedua tim adalah 176 menit, 116 di antaranya perpanjangan waktu — itu hampir setara dengan tiga pertandingan back-to-back-to-back.

6.Rochester Red Wings vs Pawtucket Red Sox (Bisbol)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 33 inning (hampir 9 jam)

Pertandingan bisbol profesional terpanjang dalam sejarah ini terjadi pada 1981 antara Pawtucket Red Sox menghadapi Rochester Red Wings, dua klub Triple-A. Permainan dimulai sekitar jam 8 malam pada 18 April dan berlanjut hingga pagi hari Minggu Paskah dengan skor sama kuat 2-2.

Permainan akhirnya ditangguhkan oleh presiden liga tepat setelah jam 4 pagi pada hari Minggu pagi. Dari 2.000 lebih penonton di laga itu hanya 19 penonton yang tersisa. Pertandingan alhirnya dilanjutkan setelah 65 hari berikutnya.

Lebih dari 5.000 penggemar memadati stadion untuk menyaksikan akhir dari pertandingan bisbol terpanjang sepanjang masa itu. Sayangnya, pertandingan berakhir dengan agak antiklimaks.

Setelah hanya satu inning dan 18 menit permainan, pemain Pawtucket Dave Coza melakukan satu pukulan lemah ke kiri lapangan, mengirim rekan setimnya Marty Barrett pulang untuk mencetak angka kemenangan di dasar inning ke-33.

Permainan ini dimasukkan dalam Baseball Hall of Fame dan pada 2006 tim Pawtucket Red Sox mengadakan perayaan untuk memperingati 25 tahun kemenangan legendaris mereka di laga itu.

7.Harry Sharpe vs Frank Crosby (Tinju)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 5 jam, 3 menit, 43 detik (76 ronde).

Pertandingan tinju epik Harry Sharpe menghadapi Frank Crosby ini terjadi pada 1892. Berlangsung
selama 5 jam, kontes brutal ini tercatat sebagai pertarungan sistem gugur terpanjang yang pernah
diadakan di bawah aturan tinju modern. (Baca juga: Atlet Dunia yang Keranjingan Judi, Ada Michael Jordan dan Mayweather)

Pertandingan tersebut berlangsung di Nameoki, Illinois, AS dan dikatakan sebagai pertarungan mati-matian, sampai ronde ke-76. Uniknya juga, pertarungan yang berlangsung sangat lama itu membuat sang wasit mundur saat 12 ronde sebelum pertandingan itu dinyatakan berhenti. Pemenang dari duel itu adalah Sharpe. Ia menang setelah Crosby yang sudah kelelahan justru memukulkan kepalanya sendiri.

8.Inggris vs Afrika Selatan (Kriket)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 43 jam, 16 menit

Rekor fantastis pertandingan kriket Afrika Selatan menjamu Inggris ini terjadi pada 1939 di Durban, Afrika Selatan. Pertandingan dimulai pada 3 Maret, dan berlanjut selama sembilan hari berikutnya (dua hari libur karena hujan) dengan tidak ada tim yang dapat menutup pertandingan dengan kemenangan.

Pada hari ke-12, Inggris siap untuk meraih kemenangan dengan rekor 654 run, tetapi pertandingan kembali harus dibatalkan. Hingga akhirnya duel Inggris melawan Afrika Selatan dinyatakan seri.

9. Phil Laak (Poker)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 115 jam

Pemain poker professional Phil Laak berhasil mencetak rekor bermain poker terlama yang dibuatnya ketika bermain di kasino Bellagio di Las Vegas selama lebih dari 115 jam. Dengan hanya istirahat lima menit setiap jam, Laak berhasil bertahan di meja poker hampir tanpa henti selama hampir lima hari. Hal ini memecahkan rekor sebelumnya selama 72 jam yang dibukukan pemain poker Larry Olmstead pada 2004. (Baca juga: Deretan Pesepakbola Top Dunia yang Juga Perokok)

Laak, yang dikenal sebagai "Unabomber" karena kaus berkerudung khasnya, diklaim tetap fit dan tetap bisa konsentrasi meski bermain hingga 115 jam. Dia mengaku hanya melakukan yoga dan mengikuti diet ketat di minggu-minggu sebelum percobaan rekornya di meja poker. Hebatnya, setelah 115 jam bermain poker, Laak masih membukukan kemenangan sebesar USD6.766.

10. Ivan Nicolic vs. Goran Arsovic (Catur)

Rekor Duel Olahraga Epik Terlama Nan Melelahkan


Total Waktu : 20 jam, 15 menit

Secara teori, pertandingan catur dapat berlangsung selama 5.949 langkah. Pertandingan catur selama 20 jam antara Ivan Nicolic v Goran Arsovic berlangsung di Beograd pada 1989. Setelah hampir sehari bermain, hanya lima buah bidak yang tersisa di papan. Nicolic memiliki rajanya, uskup, dan bentengnya, sedangkan Arsovic hanya memiliki Raja dan bentengnya. Tapi setelah lebih dari seratus langkah tanpa perubahan, pertandingan itu akhirnya dinyatakan seri.

Pertandingan yang sangat panjang ini menginspirasi Federasi Catur Dunia untuk menerapkan “aturan 50 langkah,” yang menyatakan bahwa permainan dapat dinyatakan seri segera setelah setiap pemain melakukan 50 langkah. Ini berarti rekor yang dibuat di Nicolic vs Arsovic sepertinya tidak akan pernah bisa dipecahkan.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1200 seconds (10.55#12.26)