Kisah Khabib Nurmagomedov, Dagestan dan Kesederhanaan sang Elang

Selasa, 03 November 2020 - 13:33 WIB
loading...
Kisah Khabib Nurmagomedov, Dagestan dan Kesederhanaan sang Elang
Kisah Khabib Nurmagomedov, Dagestan dan Kesederhanaan sang Elang/The Sun
A A A
Khabib Nurmagomedov tetaplah manusia biasa meskipun bergelimang harta dari hasil keringatnya menjadi juara dunia UFC. Sosok semenjana Khabib bisa dilihat dari keputusannya pensiun dari UFC. Kala dirinya berada di puncak kejayaan yang menjanjikan ketenaran, Khabib memilih mengundurkan diri dari oktagon.

Khabib Sang Elang memilih menjalani hidup jauh yang biasa-biasa saja bila dibandingkan dengan kekayaan yang dimiliknya yang ditaksir ratusan miliar. Setelah mengalahkan Justin Gaethje, kekayaan Khabib bertambah sekitar Rp87 miliar plus bonus kemenangan lainnya yang belum dihitung. Belum lagi kekayaannya saat Khabib menaklukkan Conor McGregor pada tahun 2017, Khabib memimliki kekayaan sekitar 23 juta poundsterling.

Menghindari pusat perhatian, pria berusia 32 tahun itu tinggal di Republik Dagestan , Rusia - yang pernah dijuluki sebagai tempat paling berbahaya di Eropa. Saat berusia sembilan tahun, almarhum ayahnya, Abdulmanap, seorang veteran tentara dan mantan juara judo dan sambo, menempatkannya menjalani pelatihan yang sulit termasuk bergulat dengan beruang liar.



Khabib dibesarkan di sebuah rumah kecil dengan 15 sepupu dan saudara laki-laki di desa pegunungan Sildi, sebelum mereka pindah ke ibu kota Makhachkala, di mana dia tinggal hari ini bersama ibu, istrinya (yang tidak pernah terlihat di depan umum) dan tiga anak. Dalam dokumenter YouTube The Dagestan Chronicles, Khabib mengenang bagaimana dia dan teman-temannya belajar berenang. Berbahaya, mereka dibuang ke Sungai Dagestan yang kasar - yang merenggut nyawa enam sahabat terdekatnya saat tumbuh dewasa.

Namun, pengalaman inilah yang telah membentuk Khabib sang Elang menjadi salah satu petarung paling tegas dan paling ditakuti di generasinya - dalam olahraga berdarah di mana ia tak terkalahkan dengan 29 kemenangan atas namanya. Kebangkitan epiknya telah membuatnya menjadi toast Rusia - bercampur dengan presiden Vladimir Putin, serta pemimpin Chechnya yang kontroversial Ramzan Kadyrov. Tapi, sebenarnya, dia lebih nyaman di lingkungan terpencilnya daripada bergaul dengan elite kaya.

TUMBUH DI DAERAH PALING BERBAHAYA
Dari tahun 2000 hingga 2016, Dagestan terperangkap dalam perang gerilya tingkat rendah yang berdarah dari Chechnya - merenggut nyawa ratusan prajurit dan pejabat federal — sebagian besar anggota pasukan polisi lokal, serta banyak pemberontak nasional dan warga sipil Dagestan.

Kisah Khabib Nurmagomedov, Dagestan dan Kesederhanaan sang Elang


Sementara sebelumnya, nenek moyang Khabib akan menghadapi invasi dari Georgia dan Chechnya dan dia akan mendapatkan cerita tentang keberanian mereka. Itu berarti siapa pun seusia Khabib tidak tahu apa-apa selain konflik, yang menjelaskan mengapa bangunan yang paling terawat di kota asalnya adalah gym tempat anak laki-laki berusia delapan tahun bergulat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2090 seconds (0.1#10.140)