Gyani Manuel, Bek Blasteran FC Volendam Siap Bela Timnas U-19

Rabu, 04 November 2020 - 17:04 WIB
loading...
Gyani Manuel, Bek Blasteran FC Volendam Siap Bela Timnas U-19
Bek FC Volendam Gyani Joao Manuel tertarik bergabung dengan timnas Indonesia U-19/Foto/transfermarkt
A A A
JAKARTA - Bek FC Volendam Gyani Joao Manuel tertarik bergabung dengan tim nasional (timnas) Indonesia U-19 . Pemain berusia 17 tahun itu siap datang jika dipanggil Pelatih Shin Tae-yong ikut pemusatan latihan di timnas Garuda Muda.

Di tubuh Gyani Manuel mengalir darah Indonesia-Belanda. Pria kelahiran Woerden, Belanda, 10 Januari 2003, itu menimba ilmu sepak bola di Belanda. Darah Indonesia mengalir di tubuh Gyani Manuel dari sang nenek. Posisi Gyani Manuel adalah bek kanan. ( ).

“Saya akan datang (jika mendapatkan panggilan dari timnas Indonesia U-19), tetapi harus minta izin ke orang tua dulu," kata kata Gyani Manuel dalam YouTube Yussa Nugraha, Rabu (4/11/2020).

"Beberapa waktu lalu saya dengar di media kalau Timnas Indonesia mencari pemain-pemain yang bermain di Eropa untuk tim U-19 di Piala Asia. Kebetulan nama saya juga disebutkan." ( ).

Saat ini Gyani Manuel membela klub Eerste Divisie (divisi 2) Liga Belanda, Volendam. Dia sudah pernah bermain untuk Volendam U-17 (17 kali), U-18 (sekali), dan U-19 (sekali). Dia mencetak satu gol saat bermain untuk Volendam U-17 pada musim lalu.

Gyani Manuel banyak mendapatkan ilmu sepak bola dari Volendam, tetapi itu bukan klub pertamanya. Klub pertama Gyani Manuel adalah SV Argon yang bermarkas di Kota Mijdrecht. Gyani Manuel berumur lima tahun saat bermain untuk SV Argon. ( ).

Penampilan apik Gyani Manuel bersama SV Argon membuatnya mendapatkan sorotan dari pencari bakat Volendam. Ia pun akhirnya pindah ke Volendam pada bursa transfer musim panas 2015. Sejak itu, bakat sepak bola Gyani Manuel terus berkembang hingga sekarang.

Gyani Manuel belum mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia U-19 hingga sekarang. Jika Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mau menambah amunisi untuk lini pertahanan, Gyani Manuel bisa menjadi salah satu pilihan. ( ).

Lagi pula, pertahanan Timnas Indonesia U-19 pun tidak terlalu kukuh ketika melakukan pemusatan latihan di Kroasia. Timnas Indonesia U-19 kebobolan 17 gol dalam 11 pertandingan. Keberadaan Gyani Manuel bisa menambal lubang di pertahanan Timnas Indonesia U-19.

Bakat Gyani Manuel bisa dicoba Shin Tae-yong pada pemusatan latihan berikutnya di Belanda. PSSI berencana untuk mengadakan pemusatan latihan di Negeri Kincir Angin karena kualitas sepakbola dan banyaknya pemain keturunan di sana.

Namun, tanggal keberangkatan Timnas Indonesia U-19 ke Belanda belum ditentukan karena PSSI masih mengurus perizinannya. Lokasi pemusatan latihan pun bisa berubah jika perizinan ke Belanda tidak terpenuhi. Meski begitu, seleksi terhadap pemain keturunan akan tetap dilakukan di mana pun lokasi pemusatan latihannya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)