Ronaldo Kwateh, Satu-satunya Pemain Keturunan di Timnas Indonesia U-16

Jum'at, 13 November 2020 - 18:03 WIB
loading...
Ronaldo Kwateh, Satu-satunya Pemain Keturunan di Timnas Indonesia U-16
Ronaldo Joybera Kwateh menjadi satu-satunya pemain keturunan Indonesia di skuat timnas Indonesia U-16/Foto/Persib.co.id
A A A
JAKARTA - Ronaldo Joybera Kwateh menjadi satu-satunya pemain keturunan Indonesia di skuat timnas Indonesia U-16. Pemain Persib Bandung U-16 itu dipanggil Pelatih Bima Sakti untuk mengikuti pemusatan latihan (TC), 16-29 November 2020.

Bima memanggil 26 Pemain yang akan berlatih di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Mantan asisten pelatih Luis Milla itu menyiapkan tim untuk menghadapi Piala Asia U-16. ( ).

Ronaldo, pemain kelahiran 19 Oktober 2004, merupakan anak laki-laki dari mantan penyerang PSIS Semarang, Roberto Saydee Kwateh(Liberia). Ibu dari Ronaldo warga negara Indonesia (WNI) bernama Citra Kusumawati.

Kiprah Ronaldo Kwateh mencuri perhatian ketika merumput bersama Persib Bandung U-16 pada 2019. Dia bergabung dengan Maung Ngora setelah tampil apik pada kompetisi Elite Pro Academy U-16 yang diselenggarakan PSSI. ( ).

Dilansir dari laman resmi Persib Bandung, Jumat (13/11/2020), Ronaldo Kwateh merupakan jebolan akademi Persib Cimahi. Sekali pun dirinya adalah anak dari mantan pesepakbola yang malang melintang di Tanah Air, Ronaldo tidak begitu saja bisa menembus skuad Persib U-16.

Latihan keras harus dijalani demi bisa masuk dalam skuad asuhan Imam Nurjaman. Gemblengan dari sang ayah juga tidak kalah keras sehingga membantunya berkembang sebagai pesepakbola profesional. ( ).

“Persis sekitar Ramadan tahun lalu, saya mulai gabung dengan Persib U-16. Pastinya, saya ingin terus lebih baik karena sekarang latihannya di rumah, saya punya tambahan sama Papa,” ujar Ronaldo Kwateh di laman resmi Persib.

Kini, Ronaldo Kwateh tengah bersiap memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-16. Sebelum menuju Kabupaten Bogor, ia mesti lebih dulu menjalani tes swab PCR di Bandung. TC tersebut diselenggarakan untuk persiapan skuad Garuda Asia menuju putaran final Piala Asia U-16 di Bahrain awal 2021.

Indonesia menjadi satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang tampil pada turnamen Piala Asia U-16. Anak asuh Bima Sakti tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan Tiongkok. Bima Sakti lantas berterima kasih atas dukungan dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atas terselenggaranya TC.

“Terima kasih kepada Bapak Ketua Umum PSSI yang mendukung penuh program Timnas U-16 sehingga kami bisa menyelenggarakan TC bulan November ini,” ujar Bima Sakti, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Ada beberapa pemain baru yang saya panggil pada pemusatan latihan kali ini karena tentunya ada penilaian tersendiri akan kemampuan mereka di lapangan. Kami akan melihat bagaimana para pemain ini menerapkan instruksi saat latihan karena itu menjadi poin penilaian sekali pun kerangka tim sudah ada,” tutupnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4192 seconds (0.1#10.140)