Jelang Lomba Penutup MotoGP 2020, Ini yang Bikin Joan Mir Optimistis

loading...
Jelang Lomba Penutup MotoGP 2020, Ini yang Bikin Joan Mir Optimistis
Joan Mir percaya diri menatap MotoGP Portugal 2020/motorsport.com
PORTIMAO - Gelar juara dunia MotoGP 2020sudah di tangan Joan Mir. Namun, pembalap Suzuki Ecstaritu ingin menyelesaikan musim ini dengan hasil tertinggi di seri penutup MotoGP Portugal 2020.

Mir percaya diri menatap MotoGP Portugal 2020 setelah tampil relatif bagus pada sesi latihan bebas (free practice/FP) hari pertama MotoGP Portugal 2020 di Sirkuit Portimao, Jumat (20/11/2020). (Baca juga: Zarco Tercepat, Lewati Vinales di Latihan Bebas MotoGP Portugal).

Mir cukup tenang dalam melahap setiap lap di Sirkuit Portimao. Pembalap asal Spanyol itu mengakhiri sesi latihan bebas pertama (FP1) di posisi ketujuh. Mir tertinggal 0,734 detik dari Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) di posisi pertama. (Baca juga:MotoGP Portimao Bakal Banjir Air Mata).

Mir memperbaiki catatan waktunya saat turun di sesi latihan bebas kedua. Mir kini menempati posisi keenam dengan selisih waktu 0,315 detik dari Johann Zarco(Reale Avintia) di posisi pertama.
(Baca juga: Akhir Pekan yang Krusial bagi Valentino Rossi).



Pencapaian Mir lebih baik ketimbang rekan setimnya, Alex Rins. Rins meraih posisi ke-11 di sesi latihan bebas pertama dan menyegel tempat ke-17 di sesi latihan bebas kedua.

Meski belum sempurna, hasil hari pertama cukup memuaskan Mir. Dia menyatakan bahwa motor GSX-RR melaju cukup cepat di Sirkuit Portimao. Dia senang dengan umpan balik dari GSX-RR di sirkuit sepanjang 4,6 km tersebut. (Baca juga: Race Pemungkas, Begini Tekad Dovi Beri Kado Perpisahan untuk Ducati).

“Saya senang. Saya tidak berharap merasa begitu baik (di Sirkuit Portimao),” kata Mir, mengutip dari Tutto Motori Web, Sabtu (21/11/2020).



“Kami akan membutuhkan lebih banyak hari (untuk meningkatkan kecepatan), tetapi kami tidak memilikinya dan begitulah adanya untuk semua orang. Akan tetapi, saya merasa nyaman dengan motornya dan saya tidak bisa meminta yang lebih baik. Kami sangat dekat dengan yang pertama,” tuturnya.

Sementara itu, hasil apik Mir dan rekan setimnya, Alex Rins, di MotoGP Portugal 2020 penting bagi Suzuki. Sebab, Suzuki mengincar gelar juara konstruktor demi menyempurnakan prestasi tim pabrikan asal Iwata itu pada musim ini. Suzuki sebelumnya sudah menyegel dua gelar juara, yaitu kategori pembalap dan tim.

Koleksi poin Suzuki sama dengan Ducati (201 poin) di klasemen sementara konstruktor. Sementara itu, Yamaha (188 poin) dan KTM (175 poin) membuntuti di belakang Suzuki serta Ducati. Persaingan pun masih terbuka lebar karena jarak poin di antara keempat tim itu tidak terlalu jauh.

Agar Suzuki bisa mengamankan gelar juara konstruktor, hasil apik harus diraih Mir dan Rins. Jika meraka bisa menyegel dua posisi terdepan di MotoGP Portugal 2020, Suzuki otomatis akan meraih triple crown.
(sha)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top