Diego Maradona Meninggal, Inilah Deretan Prestasi Sang Legenda

Kamis, 26 November 2020 - 12:19 WIB
loading...
Diego Maradona Meninggal, Inilah Deretan Prestasi Sang Legenda
Diego Maradona meninggalkan statistik mengagumkan sebagao pemain. Foto : CBS
A A A
BUENOS AIRES - Diego Maradona telah meninggalkan kita selama-lamanya. Sebagai salah satu pesepak bola termasyur di muka bumi ini Maradona telah meninggalkan sejumlah kenangan dan pastinya deretan prestasi.

Maradona harus berpisah dengan dunia setelah terkena serangan jantung Rabu (25/11/2020) malam waktu setempat. Selain meniggalkan prestasi mentereng, Maradona pun punya statistik mengagumkan ketika masih aktif menjadi pemain. (Baca juga : Prestasi Mendiang Maradona; 11 Trofi dan Rekor 136 Laga Tak Terkalahkan )

Seperti apa catatan tersebut? Simak ulasannya seperti dikutip The Score, Kamis (26/11/2020).

Tiga trofi
Deretan trofi pernah menghiasi karier Diego Armando Maradona. Piala Dunia merupakan salah satu trofi yang pernah diangkatnya. Namun, angka tiga di sini merujuk pada hal lain, yakni jumlah gelar juaranya bersama Napoli. Kebetulan, tiga trofi tersebut diraih semasa Diego Maradona mengenakan kostum berwarna biru kebanggaan publik Kota Naples.

Ketiga trofi itu adalah dua scudetto (1986-1987 dan 1989-1990) serta Piala UEFA (1988-1989). Sebelum kedatangan Diego Maradona, Napoli nyaris tidak pernah memenangi trofi apa pun. Tidak heran, ia begitu dicintai oleh Napoli.

5+5
Angka yang satu ini menunjukkan betapa pentingnya Diego Maradona untuk Timnas Argentina. Statistik itu dicatatkan pada Piala Dunia 1986 di mana Tim Tango dibawanya berjaya pada akhir turnamen berkat lima gol dan lima assist.

Dua gol yang dicetaknya pada laga melawan Inggris bahkan hingga kini masih membekas dalam ingatan. Sebab, salah satu gol diciptakan dengan tangan, sedangkan yang lain dinobatkan sebagai gol terbaik oleh FIFA. Oh iya, lima gol dan lima assist itu membuat Diego Maradona sebagai pemain yang terlibat gol terbanyak di Piala Dunia. Tidak ada pemain yang mampu mengikuti catatan itu.

15
Dunia tengah dilanda oleh Youssufa Moukoko yang menjalani debut bersama tim utama Borussia Dortmund pada usia 16 tahun. Jauh sebelum itu, Diego Maradona pernah mencatatkan usia debut yang lebih muda.

Ya, Diego Maradona tercatat pertama kali turun bersama tim utama Argentino Juniors di usia 15 tahun pada 1976! Debutnya bersama Timnas Argentina bahkan terjadi di usia 16 tahun. Itu membuktikan bakatnya benar-benar istimewa.

53
Salah satu gol Diego Maradona ke gawang Inggris diciptakan lewat giringan bola yang yahud. Ia melewati setidaknya lima pemain sebelum menceploskan bola ke gawang Peter Shilton. Total, sepanjang turnamen Piala Dunia 1986, Maradona mencatatkan 53 dribel sukses.

Jumlah 53 dribel sukses itu merupakan yang tertinggi yang pernah dicatatkan oleh seorang pemain dalam turnamen internasional hingga kini. Jumlah yang paling mendekati adalah Jairzinho pada Piala Dunia 1970 dengan 47 kali dan Lionel Messi pada Piala Dunia 2014 dengan 46 kali dribel sukses.

345 gol
Sepanjang kariernya, Diego Armando Maradona memang hanya menorehkan 345 gol bagi klub dan negara. Jika dibandingkan dengan torehan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di era modern, jumlah gol tersebut tidak ada apa-apanya.

Total 345 gol itu dicetak Diego Maradona dalam 692 penampilan di semua kompetisi. Berbeda dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang relatif bebas masalah, Diego Armando Maradona selalu dihantui problem.

Angka itu dicetak Diego Maradona ketika dilanda hubungan buruk dengan pelatihnya di Boca Juniors, hantaman cedera bersama Barcelona, serta minimnya jumlah pertandingan yang dijalani Napoli pada masa-masa awal kedatangannya. Statistik tersebut tentu terhitung mengagumkan.
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)