Inilah Pembalap yang Sering Jatuh di MotoGP 2020: Zarco Ungguli Alex, Rossi 6 Kali Roboh

Sabtu, 28 November 2020 - 12:04 WIB
loading...
Inilah Pembalap yang Sering Jatuh di MotoGP 2020: Zarco Ungguli Alex, Rossi 6 Kali Roboh
Johann Zarco mempertahankan gelar sebagai pembalap yang sering terjatuh dalam satu musim MotoGP/Foto/motorcyclesports.net
A A A
MADRID - Pembalap Tim Avintia Ducati Johann Zarco mempertahankan gelarnya sebagai pembalap yang sering terjatuh dalam satu musim MotoGP. Zarco unggul tipis atas pembalap tim Repsol Honda yakni Alex Marquez .

Gelaran MotoGP 2020 resmi berakhir pada akhir pekan lalu. Tak hanya gelar juara dunia yang sering menarik perhatian, titel tentang pembalap yang sering terjatuh dalam satu musim juga tak lepas mendapat sorotan. ( ).

Pembalap asal Prancis Johann Zarco kembali memegang titel tersebut setelah musim lalu juga tercatat sebagai pembalap yang kerap mengalami kecelakaan. Zarco berada di podium teratas dengan catatan 15 kali terlempar dari tunggangannya.

Zarco unggul tipis dari Alex Marquez. Adik dari Marc Marquez itu berada di urutan kedua setelah mengalami 14 kali kecelakaan. Situasi ini pun bisa dimengerti karena Alex adalah seorang rookie. ( ).

Pada urutan ketiga ada pembalap Tim Aprilia Racing Aleix Espargaro yang terjatuh 12 kali. Posisi tersebut kemudian diikuti Iker Lecuona dari KTM Tech3 dan Brad Binder dari tim pabrikan KTM yang melengkapi tempat lima besar.
Inilah Pembalap yang Sering Jatuh di MotoGP 2020: Zarco Ungguli Alex, Rossi 6 Kali Roboh

Sumber: Crash.net

Pada sisi lain, pembalap veteran asal Italia, Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) tercatat mengalami kecelakaan sebanyak enam kali. Angka itu satu lebih banyak dari Cal Crutchlow (LCR Honda) yang jatuh sebanyak lima kali. ( )

Sedangkan untuk di posisi terendah ada nama Andrea Dovizioso (Ducati) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) . Sementara di posisi terendah ada nama Danilo Petrucci yang secara mengejutkan hanya terjatuh dua kali pada musim ini.

Namun performa para pembalap MotoGP tidak seberapa jika dibandingkan dengan kelas Moto2 dan Moto3. Kecelakaan terbanyak dicatat Kasma Daniel (Moto2) yang terjatuh sebanyak 20 kali disusul Jorge Navarro (Moto2) dengan 19 kali dan diikuti Gabriel Rodrigo (Moto3) dengan 18 kali.

Meski begitu, catatan cukup buruk mengingat para pembalap menjalani musim yang pendek. Namun, kecelakaan yang tersaji pun cukup banyak. Total dari tiga kelas ada 722 kecelakaan yang tersaji pada musim ini.

Catatan ini hanya berbeda tipis dari musim lalu ketika ada 971 kecelakaan yang terjadi. Padahal pada saat itu musim berjalan dengan normal dengan menggelar 19 seri balapan. Kecelakaan terbanyak pun terjadi di kelas Moto2 dengan menyumbang 292 kali.

Sementara, MotoGP menjadi kelas yang berkontribusi dalam menghasilkan kecelakaan dengan total 180 kali. Sedangkan sisanya yakni berjumlah 250 kali kecelakaan disumbangkan kelas Moto3.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2280 seconds (0.1#10.140)