Jelang Man United vs Leeds: Keberanian Bielsa di Battle of Roses

Minggu, 20 Desember 2020 - 15:03 WIB
loading...
Jelang Man United vs Leeds: Keberanian Bielsa di Battle of Roses
Pelatih Leeds United Marcelo Bielsa/Foto/Sports Illustrated
A A A
MANCHESTER - Manchester United akan melakoni laga panas pada matchday ke-14 Liga Primer Inggris 2020/2021 melawan Leeds United di Old Trafford, Minggu (20/12/2020) pukul 23.30 WIB. Bentrokan ini disebut The Roses Derby atau Battle of Roses yang memiliki sejarah yang panjang.

Pelatih Leeds Marcelo Bielsa menegaskan bahwa pasukannya bertandang ke Old Trafford tanpa perasaan takut. Bielsa paham, Man United punya ancaman di serangan balik, namun dia menolak mengorbankan prinsip sepak bolanya agar para pemainnya melakukan sesuatu yang asing. ( ).

Bielsa ingin Leeds berani melawan The Red Devils setelah mengalahkan Newcastle United 5-2 pada pertengahan pekan. Leeds di peringkat 14 dengan 17 poin, sedangkan Man United di undakan kesembilan dengan 23 angka.

"Ketika kedua tim sama-sama ingin duduk santai dan bermain mengandalkan serangan balik, tidak ada permainan," tegas Bielsa dilansir dailymail.co.uk. (Baca juga: Preview Tottenham Hotspur vs Leicester City: Pertaruhan Masa Depan )."Ketika bermain dalam serangan balik, dua hal penting adalah tim yang Anda hadapi bermain di lapangan tinggi, dan kehilangan bola saat mereka mencoba melakukan permainan. Tetapi jika kedua belah pihak melakukan hal yang sama, mereka membatalkan satu sama lain."

"Kami siap menghindari serangan balik mereka, menggunakan pendekatan yang lebih berisiko saat kami mencoba memainkan permainan kami sendiri."(Baca juga: Dramatis, Lewandowski Bikin Leverkusen Gigit Jari ).

Duel Man United vs Leeds United merupakan bukti bahwa sepak bola bukan hanya sekadar permainan di atas lapangan hijau. Pasalnya, pertandingan tersebut juga mempertaruhkan gengsi kedua tim, mengingat persaingan antarwilayah yang sudah mengakar sejak sangat lama.

Pada 1455 terjadi peperangan sipil yang melibatkan dua daerah, Lancashire dan Yorkshire. Peperangan di antara kedua daerah itulah yang kemudian menyebabkan Battle of Roses atau dikenal juga Wars of Roses. (Baca juga: Ditahan Imbang Valencia, Barcelona Gagal Merangkak ke 4 Besar ).

Leeds United merupakan cerminan klub dari Yorkshire, sedangkan Man United dari Lancashire. Leeds United juga identik dengan warna putih, sedangkan Man United memiliki seragam kebesaran berwarna merah.

Battle of Roses ini berlangsung hingga 1487. Tujuannya saat itu adalah memperebutkan tahta kerajaan Inggris. Dengan kata lain, pertempuran tersebut dilakukan untuk menentukan siapa yang berhak memimpin Inggris.

Seiring berjalannya waktu, persaingan pun berlangsung hingga ke ranah sepak bola. Manajer Leeds United, Marcelo Bielsa, sadar benar akan hal ini. Maka dari itu, ia akan menuntut para pemainnya untuk tampil habis-habisan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)