Spanyol Tak Izinkan Uji Coba, Timnas U-19 Dipulangkan Besok

Selasa, 12 Januari 2021 - 14:37 WIB
loading...
Spanyol Tak Izinkan Uji Coba, Timnas U-19 Dipulangkan Besok
Skuad tim nasional Indonesia U-19 mengikuti sesi latihan di Kota Salou, Tarragona. dok PSSI
A A A
JAKARTA - Pemusatan latihan tim nasional Indonesia U-19 di Spanyol dipersingkat. Penyebabnya, sejumlah agenda uji coba selama di Negeri Matador tidak mendapat izin akibat pandemi Covid-19 . Sesuai jadwal, skuad Garuda Nusantara akan pulang ke Tanah Air, Rabu (13/1/2021) besok.

Sedianya, training centre di Kota Salou, Tarragona akan berlangsung hingga 31 Januari mendatang. PSSI bahkan sudah mengagendakan lima laga uji coba selama satu bulan di Spanyol. Namun, gelombang kedua Covid-19 di Eropa membuat rencana tersebut berantakan.

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak, Sikap Keras Kepala Liga Primer Dikritik

Hingga dua pekan berada di Kota Salou, David Maulana tidak kunjung mendapat kepastian mengenai laga uji coba. Mereka hanya menggelar internal game untuk menjaga kebugaran fisik dan mengukur perkembangan pemain.

"Kami akhirnya memulangkan timnas U-19 lebih cepat. Hal ini karena timnas u-19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan. Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri," kata Yunus Nusi dilansir laman PSSI, Selasa (12/1/2020).

Baca juga : Jelang Atletico Madrid vs Sevilla: Misi Jauhi Los Blancos!

Yunus menambahkan bahwa tujuan PSSI mengirimkan timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental skuad Garuda Nusantara. Ia menegaskan PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain-pemain ini akan menjadi pemain timnas U-23 atau timnas senior nantinya.

"Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat karena di Spanyol kasus Covid-19 masih tinggi. Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol," tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Baca juga : Jelang vs Man United: Sembilan Pemain Burnley Terancam Absen

Yunus juga mengapresiasi semangat dan perjuangan pemain selama menjalani TC di Spanyol. Tentu ini menjadi pengalaman yang luar bisa dan meningkatnya skill, fisik dan lain-lainnya bagi pemain selama di Spanyol.

"Memasuki pekan ketiga TC Spanyol, saya mendapat update bahwa pemain terus berkembang, disiplin dan bekerja keras. Tentu ini hal yang sangat baik dan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi pemain profesional nantinya dan generasi penerus timnas U-23 atau timnas senior," tukas Yunus.

Baca juga : Undian Babak IV Piala FA 2020/2021: Peter Couch Pertemukan Man United vs Liverpool

Selain Indonesia, tim Arab Saudi juga berada di hotel dan tempat latihan yang sama juga tidak dapat melakoni uji coba. Arab Saudi juga tidak dapat menjalani laga uji coba di Spanyol termasuk melawan timnas U-19. Anak asuh Shin Tae-yong direncanakan akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada Kamis, (14/1/2021).
(abr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)