Liga Primer Segera Bergulir, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penyelenggara

Sabtu, 16 Mei 2020 - 10:31 WIB
loading...
Liga Primer Segera Bergulir, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penyelenggara
Foto/Istimewa
A A A
LONDON - Kembali berlangsungnya Liga Primer musim ini sepertinya akan terwujud. Upaya menggulirkan kembali kompetisi elite tersebut mendapatkan dukungan dari Pemerintah Inggris. Oliver Dowden, Sekretaris Negara untuk Kebudayaan, Media dan Olahraga Inggris, mengatakan pemerintah "membuka pintu" bagi sepak bola kembali bergulir pada Juni mendatang.

Hal itu diungkapkan Dowden seusai menjadi pembawa acara pertemuan dengan otoritas sepak bola pada Kamis (14/5). Dia mengatakan langkah-langkah keamanan akan diberlakukan dan Dowden menyatakan olahraga mendapatkan dukungan dari pemerintah selama keselamatan semua orang diprioritaskan.

“Kami semua sepakat bahwa kami hanya akan melanjutkan jika aman melakukannya dan kesehatan serta kesejahteraan pemain, pelatih, dan staf diutamakan. Ini harus mencakup perluasan akses bagi fans melihat siaran langsung pertandingan dan memastikan fans, komunitas sepak bola, dan negara secara luas,” ungkap Dowden, dilansir Skysports. (Baca: Ada Kabar Liga Primer Musim Ini Akan Diakhiri Cepat)

Dowden menilai semuanya tergantung pada otoritas sepak bola Inggris untuk menyetujui dan menyelesaikan detail rencana mereka kemudian melakukan koordinasi dengan pemerintah dan otoritas kesehatan. Dia menganggap kerja sama yang baik semua pihak sangat diperlukan agar kompetisi bisa berjalan lancar.

“Pemerintah dan para ahli medis kami akan terus menawarkan panduan dan dukungan untuk permainan sebelum keputusan akhir, apa pun yang akan mewujudkan rencana menggulirkan kembali kompetisi,” papar Dowden.

Liga Primer telah mulai merencanakan pertandingan secara tertutup karena pandemi Covid-19 dan para pemain mungkin akan kembali memulai sesi latihan pekan depan. Namun, Wakil Kepala Staf Medis Jonathan Van-Tam menyarankan pada briefing dengan pemerintah, Kamis (14/5), bahwa belum ada tanggal pasti untuk tanggal kembali bergulirnya kompetisi. (Baca juga: Dihujani Kritikan, Liverpool Batal Minta Talangan Dana dari Pemerintah)

Menurut Van-Tam, pendekatan keseluruhan bersifat tentatif, terukur, lambat, dan itulah rencana yang sedang berjalan untuk semua olahraga elite, bukan hanya sepak bola. "Kami harus melihat bagaimana perkembangannya sebelum tiba waktunya untuk pindah atau bahkan berpikir untuk pindah ke kembalinya pertandingan sepak bola yang kompetitif. Kita harus tenang dan terukur," tandas Van-Tam.

Sepak bola memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Inggris. Seperti diketahui, otoritas pendapatan Inggris (HMRC) menerima lebih dari 3 miliar poundsterling per musim dari klub-klub Liga Primer dalam bentuk pajak, termasuk lebih dari 1 miliar poundsterling dari gaji para pemain.

Klub-klub Liga Primer masih harus secara resmi menyetujui kembali ke pelatihan pekan depan dalam lingkungan nonkontak yang steril. Setiap klub harus memberikan penilaian risiko kesehatan kerja terfokus Covid-19, Jumat (15/5). Rapat pemegang saham pada Senin (18/5) harus memberikan kejelasan tentang langkah-langkah tentatif mengenai Restart Project Liga Primer. (Baca juga: Dampak Virus Corona, MU Kehilangan Pemasukan 116,4 Juta Poundsterling)

Setelah dua bulan di rumah, banyak pemain ingin kembali bekerja. Tapi, beberapa pemain berpikir terlalu dini bermain lagi ketika ribuan orang sekarat setiap pekan di Inggris akibat Covid-19. Para kapten dari masing-masing tim telah mengadakan pertemuan dengan Liga Primer dan para ahli medis pada Rabu (13/5) terkait protokol yang akan diadakan untuk memastikan pelatihan berjalan aman.

Bomber Tottenham Hotspur Harry Kane mengatakan telah pulih sepenuhnya dari cedera hamstring dan siap untuk kembali bermain kapan pun kompetisi digulirkan kembali. Kane bahkan telah menjalani sesi latihan individu di markas tim, pekan lalu.

"Maka, jelas pekan lalu kami sudah bisa masuk dan melakukan latihan satu lawan satu dengan satu anggota staf di lapangan. Sangat menyenangkan bisa keluar dan mulai menyentuh bola lagi. Kapan pun musim berlanjut, apakah itu bulan depan atau dua bulan, tiga bulan, saya harus siap untuk pergi dari pertandingan pertama," tandas Kane. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)