Yuk, Cari Info Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional

Minggu, 07 Februari 2021 - 03:05 WIB
loading...
Yuk, Cari Info Ukuran Gawang Sepak Bola Standar Internasional
Ukuran gawang sepak bola standar internasional jadi salah satu hal yang wajib diperhatikan jika ingin menggelar pertandingan profesional. Sebab, itu wajib dipenuhi. Foto: google
A A A
JAKARTA - Ukuran gawang sepak bola standar internasional jadi salah satu hal yang wajib diperhatikan jika ingin menggelar pertandingan profesional. Sebab, aturan soal gawang jadi salah satu hal yang wajib dipenuhi.



Setiap pertandingan sepak bola profesional resmi yang digelar harus menggunakan ukuran gawang yang sesuai dengan standar yang ditetapkan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) . Ada ukuran paten untuk panjang dan lebar lapangan, dan ditambah tinggi gawang.

Panjang gawang sepak bola sesuai standar internasional adalah 7,32 meter atau sekira 8 yards. Konon ini ukuran itu tidak berubah sejak 1863. Panjang dari gawang ini berkaitan dengan ukuran lapangan sepak bola yang digunakan. Pengukurannya harus tetap memerhatikan penempatan kanan, kiri, serta posisi tepat di tengah.

Kemudian, untuk tinggi gawang dan mistar, FIFA mengeluarkan aturan khusus juga. Tinggi gawang harus berukuran 2,33 meter. Ukuran tiang pada gawang sepak bola diukur dari bagian atas, bawah, serta jarak antara mistar dengan tanah atau permukaan lapangan.

Tiang gawang biasanya tertanam di dalam tanah. Tetapi, ada juga sejumlah gawang yang terlihat tak tertancap di tanah sehingga bisa digeser ke berbagai tempat.

Baca juga: 6 Stadion Sepak Bola Terburuk di Dunia Ada yang dari Indonesia

Setelah panjang dan tinggi, aturan yang perlu diperhatikan soal ukuran gawang sepak bola adalah lebarnya. Lebar gawang yang telah ditetapkan FIFA diukur lewat 2 tiang vertikal dan paralel.

Lebar gawang ini pun terbagi menjadi dua jenis, sesuai dengan usia pemainnya. Untuk dewasa, lebar gawang adalah 7,32 meter. Ukuran untuk pemain yang usianya lebih kecil, tentu saja lebarnya menjadi lebih menyusut.

Untuk sepak bola junior, jarak antara tiang adalah 5 meter. Panjang mistar sekira 2 meter dari ketinggian pada gawang 1,5 meter.



Kemudian untuk jaring, FIFA menetapkan bahwa hal itu harus terbuat dari bahan serat plastik. Hal ini bertujuan agar jaring gawang tidak mudah sobek dan tentu saja akan jauh lebih kuat. Terakhir adalah bentuk gawang. Bentuk gawang harus persegi panjang.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.1059 seconds (0.1#10.140)