Bungkam AS Roma, Pirlo Senang Ronaldo Dukung Pendekatan Bertahan Juventus

Minggu, 07 Februari 2021 - 06:31 WIB
loading...
Bungkam AS Roma, Pirlo Senang Ronaldo Dukung Pendekatan Bertahan Juventus
Cristiano Ronaldo antar Juventus membungkam AS Roma/Foto/Twitter
A A A
TURIN - Juventus menggunakan pendakatan lain saat membungkam AS Roma 2-0 pada giornata ke-21 Serie A Italia 2020/2021 di Allianz Stadium, Sabtu (6/2/2021) malam waktu lokal atau Minggu (7/2/2021) dini hari WIB. Menurut Pelatih Juventus Andrea Pirlo kemenangan timnya berkat pemain Bianconeri tampil solid.

Pelatih AS Roma Paulo Fonseca menilai timnya telah memaksa Juventus bermain bertahan. Roma memiliki penguasaan bola lebih dominan 52% berbanding 48% milik tuan rumah, dan kerap mengurung pertahanan Juventus.

.
Namun, Pirlo tidak sepenuhnya sependapat dengan ucapan Fonseca itu. Dia menjelaskan bahwa sejak awal Juventus sudah berencana untuk bermain bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Menurut Pirlo, sepak bola bukan hanya soal menyerang. Untuk bisa memenangkan pertandingan, bertahan dengan solid bisa menjadi kunci penting. Pirlo pada akhirnya puas karena strateginya ini berjalan lancar.

.

“Kami telah mempersiapkan pertandingan jenis ini. Kami tahu Roma memainkan sepak bola yang sangat bagus, jadi kami bersiap untuk bertahan dan kemudian melakukan serangan balik,” kata Pirlo kepada Sky Sport Italia.

“Cara kami menjaga pemain lawan bagus. Ini adalah pendekatan yang kami inginkan, karena tidak mudah untuk menyerang dan menjadi agresif saat melawan Roma,” lanjutnya.
.
“Sebaliknya, kami menunggu mereka di waktu tertentu dan menyerang mereka di waktu lain. Kami pada dasarnya melakukan kebalikan dari cara Roma bermain melawan kami di awal musim ini, karena Anda tidak selalu harus agresif dengan tekanan tinggi."

Pirlo tidak hanya memuji barisan pertahanan Juventus saja yang tampil disiplin, namun juga seluruh pemain, termasuk Cristiano Ronaldo. Meski berstatus sebagai penyerang top dunia, namun Cristiano Ronaldo tetap bersedia mengikuti instruksi pelatih membantu pertahanan.

Ronaldo mencetak gol di laga ini pada menit ke-13, sedangkan gol lainnya bunuh diri Roger Ibanez menit ke-69.

“Kami telah menemukan antusiasme, lebih solid dan pendekatan defensif kami lebih menentukan sekarang, karena kami belajar dari kesalahan yang dilakukan di masa lalu,” papar Pirlo.

“Giorgio Chiellini dalam kondisi bagus dan kami berharap dia bisa terus seperti ini. Grup ini selalu rendah hati, tahu kapan waktunya untuk lari tanpa bola dan kapan semua orang perlu membantu. Bahkan juara terbesar pun melakukan itu dan itu adalah elemen penting," tandasnya.

Berkat kemenangan ini, Juventus pun naik poisisi ketiga klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi poin 42. Bianconeri kini berada tepat di belakang Inter Milan dan AC Milan yang menempati posisi pertama dan kedua dengan raihan poin 47 dan 46.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4414 seconds (0.1#10.140)