Tim Satelit Janjikan Persaingan Lebih Panas di MotoGP 2021

Senin, 22 Februari 2021 - 23:01 WIB
loading...
Tim Satelit Janjikan Persaingan Lebih Panas di MotoGP 2021
Tim Satelit Janjikan Persaingan Lebih Panas di MotoGP 2021. Foto: IST
A A A
BORMES LES MIMOSAS - Manajer Tim Red Bull KTM Tech3 , Herve Poncharal, memberikan prediksi mengenai kiprah para tim satelit di MotoGP musim 2021. Ya, Poncharal berpendapat bahwa tim-tim satelit mampu berbicara lebih banyak pada MotoGP musim ini.

Sebagaimana diketahui, peran tim satelit dalam sejarah ajang balap memang acap kali di pandang sebelah mata. Terlebih tujuan utama dibentuknya tim satelit memang hanya sekadar ‘pembantu’ tim utama yang menauni mereka.



Dengan fakta tersebut, wajar apabila kans para pembalap tim satelit untuk setidaknya ikut dalam perburuan gelar juara acap kali tidak menjadi prioritas. Bahkan tidak sedikit mereka justru diminta mengalah para pembalap yang membela tim utama.

Akan tetapi sebuah kejutan terjadi ketika MotoGP 2020 berlangsung. Ya, pada MotoGP 2020 para tim satelit justru berhasil unjuk gigi. Salah satu contoh nyata tim satelit mampu tampil lebih baik daripada tim utama terjadi dalam tubuh Yamaha.

Ya, para pembalap tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT, yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli justru tampil lebih baik daripada duo tim utama, Maverick Vinales serta Valentino Rossi, di MotoGP 2020.



Bahkan Quartararo serta Morbidelli sempat bersaing sangat ketat dengan pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, dalam perburuan gelar juara dunia. Meski pada akhirnya Mir yang keluar sebagai kampiun MotoGP 2020.

Berkat hal itu, banyak yang percaya bahwa saat ini sudah tidak ada margin yang terlampau jauh antara tim satelit dan tim utama di MotoGP. Bahkan tak sedikit yang percaya bakal ada juara dunia yang hadir dari tim satelit. Poncharal sendiri menjadi salah satu yang mempercayai hal tersebut.

“Jujur saja, saya rasa tim satelit juga bisa jadi juara, mengingat kini nyaris semua tim independen mendapatkan mesin yang setara, begitu dukungan teknis dan pengembangannya,” jelas Poncharal, seperti disadur dari Motorsport Total, Senin (22/2/2021).

“Kita bisa lihat tahun lalu, dengan segala hormat kepada tim pabrikan, tim satelit menang lebih banyak dari mereka. Jika Anda lihat dalam balapan kedua di Jerez dan balapan pertama di Spielberg, mungkin Tech3 bisa sangat dekat atau mungkin dapat tempat terbaik di klasemen,” sambungnya.

“Jika Anda lihat apa yang terjadi pada Yamaha, jelas tim satelit mereka tahun lalu adalah tim utama. Saya tak mau sebut satu per satu, tapi di atas kertas, tim satelit punya kans merebut kemenangan dan gelar dunia. Saya yakin,” tuntas pria asal Prancis tersebut.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)