FIFA Terapkan LOTG Futsal 2021, AFP Jabar Gelar Kursus Wasit Level 1

Selasa, 16 Maret 2021 - 22:30 WIB
loading...
FIFA Terapkan LOTG Futsal 2021, AFP Jabar Gelar Kursus Wasit Level 1
Untuk meningkatkan kualitas SDM wasit futsal, Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat menggelar Kursus Wasit Futsal Level 1. Foto: Futsal Jabar
A A A
BANDUNG - Untuk meningkatkan kualitas SDM wasit futsal , Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Jawa Barat menggelar Kursus Wasit Futsal Level 1 pada tanggal 10 - 14 Maret 2021 di Bandung, Jawa Barat.



Kursus ini mengacu FutsalLaw of The Game yang saat ini kita kenal sebagai Futsal LOTG 2020/2021 yang telah ditetapkan pembaharuannya oleh Dewan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). KomiteWasitFIFA juga telah menyetujui diterbitkannya pembaharuan ini.

FIFA memutuskan pembaharuan ini mulai diberlakukan pada 1 Juni 2020 di seluruh kompetisi atau pertandingan persahabatan di dunia yang berada di bawah naungan FIFA sebagai Induk Organisasi Sepakbola seluruh Dunia.

Dengan instruktur Ahmad Suparman, kursus 38 jam itu diikuti oleh 23 wasit di wilayah Jawa Barat. Adapun materi yang disampaikan adalah Laws of the Game, termasuk praktek memimpin dan tes kebugaran.

"Ini untuk pengembangan SDM. Peningkatan wasit level 2 dan 3 untuk kejenjang level 1 sekaligus pemahamam LOTG yang baru, fasilitasnya bukan untuk BK porda atau Piala AFP," katanya.

Terpisah, Penanggung Jawab Kursus Dr. M. Yamin Saputra bersyukur program ini sukses dilaksanakan. Yamin berharap agar kursus ini juga dapat membantu wasit asal Jawa Barat untuk berkiprah secara nasional, sehingga akan muncul wasit-wasit berkualitas asal Jawa Barat.

"Harapannya dapat meningkatkan SDM wasit khususnya untuk wasit yang berada di Jawa Barat dan umumnya nasional."

Yamin menambahkan bahwa para peserta kursus tidak menghadapi kendala berarti. Meski ada sejumlah kesulitan dalam menerjemahkan aturan baru di lapangan, namun pemahaman wasit terkait LOTG 2021 semakin baik setelah kursus berakhir.

Pada 8 April 2020,FutsalLaw of The Game yang saat ini kita kenal sebagai Futsal LOTG 2020/2021 telah ditetapkan. Pembaharuan aturan ini ditetapkan oleh Dewan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). KomiteWasitFIFA juga telah menyetujui diterbitkannya pembaharuan ini.



FIFA juga memutuskan pembaharuan baru ini mulai diberlakukan pada 1 Juni 2020 di seluruh kompetisi atau pertandingan persahabatan di dunia yang berada di bawah naungan FIFA sebagai Induk Organisasi Sepakbola seluruh Dunia.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)